Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Medan

Dukung Terwujudnya Indonesia Emas 2045, Walikota Medan Percepat Pembangunan Fisik dan Non Fisik

×

Dukung Terwujudnya Indonesia Emas 2045, Walikota Medan Percepat Pembangunan Fisik dan Non Fisik

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Untuk mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045, tentunya harus mengacu pada rencana pembangunan nasional yang bersifat jangka panjang yaitu negara berdaulat, maju, berkebudayaan, dan berkelanjutan.

Oleh karenanya, Wali Kota Medan Bobby Nasution terus melakukan percepatan pembangunan baik fisik maupun non fisik di Kota Medan untuk menyambut dan mendukung visi Indonesia Emas tersebut.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Medan Tahun 2025 – 2045, yang dibuka Pj Gubernur Sumut Hassanudin di Hotel Four Point Medan, Senin (20/5/2025).

“Mungkin kita sama-sama mendengar mengenai Indonesia Emas tahun 2045. Kalau kita berandai sekitar 10 atau 20 tahun lalu, hal tersebut sulit untuk dicapai. Tidak akan terbayang kebutuhan akan internet yang semakin melekat dalam kehidupan sehari-hari, kita akan berkomunikasi secara virtual tanpa tatap muka langsung,” kata Bobby Nasution.

Jika nanti Indonesia Emas 2045 terwujud,  kata Bobby Nasution, maka seluruh industri akan bergerak. Kalau hari ini orang Indonesia nonton tengah malam demi menyaksikan sepakbola internasional dengan pemain terkenalnya, ungkapnya, justru akan terjadi sebaliknya apabila Indonesia Emas terwujud.

Baca Juga:   Wujudkan Indonesia Emas 2045, Kadispora Kota Medan Ajak Masyarakat Gemar Berolahraga

“Justru orang luar nanti yang akan bangun tengah malam untuk menyaksikan pertandingan sepakbola di Indonesia, khususnya Kota Medan jika Indonesia Emas terwujud. Mereka akan menonton pertandingan sepak bola di Stadion Teladan melalui televisi. Mudah-mudahan Stadion Teladan ini nantinya dapat menyumbang salah satunya sektor di sendi kehidupan guna mencapai Indonesia Emas,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Musrenbang RPJPD yang turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu, unsur Forkopimda Kota Medan, Pj Ketua DWP Isabella Pencawan Topan OP Ginting, stakeholder terkait, pimpinan perangkat daerah serta camat se Kota Medan, Bobby Nasution berharap Pemko Medan bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat dapat bersama-sama menjadi bagian mewujudkan suksesnya Indonesia Emas 2045 melalui sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki.

“Untuk menjadikan SDM yang berkualitas tentunya kita harus bersama-sama mengatasi persoalan narkoba yang masih menghantui Sumut, khususnya Kota Medan. Ini PR kita bersama untuk memastikan SDM unggul dan terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Baca Juga:   Pemko Ikuti Rakor Pengelolaan Sampah Bahan Bakar Jemputan Padat

Di kesempatan tersebut, menantu Presiden Joko Widodo ini selanjutnya meminta dukungan dari Pj Gubernur Sumut terkait akan diterapkannya kebijakan parkir berlangganan bagi masyarakat Kota Medan. Penerapan ini, jelasnya, menyusul rendahnya pendapatan asli daerah (PAD) Pemko Medan dari retribusi parkir.

“PAD kami untuk parkir punya potensi yang cukup besar. Dari hitungan yang terakhir dilakukan, retribusi parkir bisa mencapai lebih dari Rp.167 miliar. Tapi, potensi retribusi parkir yang bisa kami ambil hari ini baru Rp.20 miliar saja. Kemarin saya sudah konsultasi dengan Pak Gubernur, kami coba terapkan parkir berlangganan. Kebijakan ini masih kami kaji,” paparnya.

Sementara itu Pj Gubernur Sumut Hassanudin dalam sambutannya mengatakan, dalam membuat RPJPD, Pemerintah harus meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dan mewujudkan reformasi birokrasi inovatif. Disamping itu, imbuhnya, juga perlu memperhatikan prioritas program pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Kota Medan seperti sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan, sanitasi, persampahan, air bersih, transportasi publik, ruang terbuka hijau serta rasa aman dan nyaman masyarakatnya.

Baca Juga:   Tokoh dan Pengurus Koperasi Terbaik Diberi Penghargaan Di Harkopnas 

Hassanudin berharap, Kota Medan dapat menjadi kota yang maju, smart, berkelas dunia dan berkelanjutan.

“Saya tentunya berharap Kota Medan dapat menjadi pusat keunggulan industri pengolahan hasil pertanian, menjadi destinasi pariwisata kelas dunia, pusat keunggulan pendidikan dan kesehatan. Menjadi pusat industri halal terbesar di bagian barat Indonesia serta produk-produk Kota Medan unggul dan berdaya saing global,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda, Benny Iskandar dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang ini merupakan salah satu rangkaian penyusunan RPJPD Kota Medan tahun 2025-2045. Dijelaskannya, pelaksanaan Musrenbang dilakukan guna menyepakati penajaman visi dan misi jangka panjang daerah, penyelarasan sasaran pokok dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang daerah untuk mencapai visi dan misi daerah serta penajaman sasaran pokok pembangunan jangka panjang daerah.

“Kemudian, klarifikasi dan penajaman tahapan dan prioritas pembangunan jangka panjang daerah, komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJPD dalam melaksanakan pembangunan daerah serta masukan dan saran penyempurnaan dokumen Rancangan RPJPD Kota Medan tahun 2025-2045,” papar Benny. (MS7)