Medan

Fashion Show Multietnis Meriahkan Peringatan HUT ke-23 Dharma Wanita Persatuan Kota Medan

MEDAN-Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -23 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Medan dimeriahkan acara Fashion Show busana Multietnis yang diikuti oleh Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) dan Kecamatan se- Kota Medan di Gedung Serba Guna TP PKK kota Medan, Kamis (8/12/2022).

Acara Fashion show busana Multietnis di perayaan HUT ke -23 DWP Kota Medan ini digelar karena Medan merupakan kota yang Multietnis dan beragam budaya. Mengusung tema untuk membangun perempuan cerdas dan memperkuat ketahanan keluarga di era digital perayaan HUT ini semakin meriah ketika Puluhan ibu – ibu anggota Dharma Wanita persatuan Kota Medan berjalan seperti  model profesional.

Peringatan HUT ke -23 DWP ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Masyarakat, Muhammad Sofyan. Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Medan Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, Ketua DWP Provinsi Sumut Dian Arief Sudarto Trinugroho, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana cabang 11 kodim  0201/Medan Dewi Ferry Muzawwad dan mewakili Ketua cabang Bhayangkari Medan.

Dikatakan Aspem, Muhammad Sofyang dalam membacakan sambutan Wali Kota Medan Bobby Nasution, bahwa Keberadaan Dharma Wanita di Kota Medan dirasakan cukup penting dalam meningkatkan peran dan partisipasi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan. Artinya Dharma Wanita sebagai wadah berhimpunnya para istri pegawai negeri melaksanakan berbeda agenda yang bertujuan mendukung kegiatan suami dalam melaksanakan tugas- tugas pemerintahan.

“Sebagai istri PNS, peran anggota Dharma Wanita sangat strategis dituntut berperan dalam pembangunan dan mendukung keberhasilan program pemerintah. Selain itu dalam keluarga anggota Dharma Wanita adalah sebagai istri yang diharapkan mampu menjadi pendamping dan mendukung keberhasilan suami,” jelasnya.

Menurut Sofyan, kehadiran Dharma Wanita persatuan Kota Medan memberikan harapan besar bagi Pemko Medan untuk bersama-sama mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu segenap jajaran Pemko Medan sangat mengupayakan dan memberikan perhatian terhadap berbagai masalah yang timbul dalam lingkungan masyarakat melalui Dharma Wanita Kota Medan

“Pemko Medan berharap, agar program unggulan Dharma Wanita yang sudah dibuat dapat diimplementasikan di tengah masyarakat. Seperti kita ketahui bersama bahwa Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Pak Bobby Nasution dalam mewujudkan Medan Berkah maju dan kondusif dikenal dengan tagline Kolaborasi. Kolaborasi ini merupakan bentuk optimisme untuk melakukan pembangunan dengan melibatkan seluruh Sektor terkait untuk berpartisipasi secara aktif termasuk dengan Dharma Wanita,” ungkapnya.
masyarakat,” Sebut Aspem.

Sebelumnya, Ketua DWP Kota Medan, Ismiralda Wiriya Alrahman dalam membacakan sambutan Ketua DWP Pusat mengatakan Di hari Ulang tahun ke -23 Dharma Wanita Persatuan, seluruh anggota DWP diajak untuk kembali mengingat landasan awal terbentuknya organisasi yang kita cintai ini.  Artinya DWP dapat memberikan ruang bagi perempuan untuk berhimpun saling belajar dan mengembangkan diri hingga mampu memberikan kontribusi nyata dalam kemajuan keluarga dan masyarakat.

“Sangat penting bagi kita semua, ibu-ibu yang tergabung dalam keanggotaan DWP, untuk memahami lagi esensi dari sejarah pembentukan organisasi yang memiliki semangat sama dengan sejarah hari ibu. Pemahaman akan peran kita sebagai anggota DWP akan menjadi modal dasar untuk melangkah ke depan untuk mampu menjadi penggerak bagi peningkatan kualitas keluarga dan masyarakat,” kata Ismiralda.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi sekarang berbeda dengan tantangan yang dihadapi pada perempuan di masa lalu. Namun, semangat kepemimpinan dan gotong royong untuk mewujudkan emansipasi perempuan dan kekuatan perempuan di dalam masyarakat untuk berkontribusi besar bagi keluarga sebagaimana telah diupayakan dulu, harus terus kita kembangkan karena kita adalah penggerak keluarga dan masyarakat.

“Selaku anggota DWP kita terus mengingat bahwa ibu yang hebat dan perempuan yang cerdas adalah penentu kualitas keluarga dan masyarakat kita. Oke karena itu peringatan ini mengangkat tema untuk membangun perempuan cerdas dan memperkuat ketahanan keluarga di era digital dan sekaligus untuk meluncurkan gerakan keluarga cerdas membaca,” sebutnya.

Selanjutnya HUT ke -23 DWP Kota Medan diisi dengan pemotongan  Kue Ulang Tahun dan nasi tumpeng oleh Ketua DWP Kota Medan bersama Ketua DWP Provinsi Sumut. Potongan kue dan nasi tumpeng tersebut diberikan kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana cabang 11 Kodim 0201/Medan dan Perwakilan Ketua Cabang Bhayangkari Medan.

Sementara itu Juara pertama Fashion Show busana Multietnis kategori OPD jatuh kepada  BKDPSDM dan Kategori Kecamatan di menangi oleh Kecamatan Medan Barat. Para pemenang ini di berikan hadiah oleh Ketua DWP Kota Medan. (MS7)