Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
HankamHeadlineMedanSumut

Gempa Nias Barat Juga Terasa di Medan

×

Gempa Nias Barat Juga Terasa di Medan

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | NIAS – Gempa bumi tektonik bermagnitudo magnitudo 6,7, meguncang wilayah Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, dan dirasakan di seluruh kabupaten kota se-Kepulauan Nias. Warga Kota Medan juga mengaku merasakan sedikit getarannya.

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami karena lokasi yang berjarak jauh 141 kilometer dari daratan Nias Barat.

Gempa tektonik itu terjadi pada pukul 13.33 WIB hari ini. Lokasi gempa pada wilayah samudera hindia pantai barat sumatera, tepatnya pada koordinat 0,10 lu dan 96,53 bt atau 141 kilometer arah barat daya Kota Lahomi Kabupaten Nias Barat Sumatera Utara, dengan kedalaman sembilan belas kilometer ke bawah permukaan laut.

Getaran gempa tersebut dirasakan kuat pada seluruh wilayah kabupaten kota se-Kepulauan Nias. Di Kota Gunungsitoli salah satu daerah yang terasa getaran gempa tersebut, dikabarkan banyak warga setempat sempat panik dan berhamburan keluar dari rumah.

Baca Juga:   Gubsu Ajak Yayasan Buddha Tzu Chi Untuk Bangkitkan UMKM Sumut

Namun sejauh ini belum ada informasi mengenai dampak kerusakan terhadap bangunan, demikian korban jiwa belum ada. Hasil koordinasi dengan pihak stasiun meteorologi klimatologi dan geo fisika, pihak berwenang terus memantau aktivitas kegempaan ini, termasuk memaksimalkan koordinasi dengan instansi terkait seperti BPBD Kabupaten Nias Barat yang saat ini sedang turun ke sejumlah lokasi untuk memantau keadaan pasca guncangan gempa yang cukup kuat dirasakan di daerah tersebut.

Hingga saat ini terpantau aktivitas warga dan lalulintas seperti di Gunungsitoli pasca-getaran gempa yang sempat dirasakan kuat, kini berjalan normal seperti biasa.

Sementara pada situs resmi BMKG menyebut gempa ini tidak berpotensi tsunami karena lokasi berjauhan dari daratan, namun demikian direkomendasikan agar warga tetap tenang meningkatkan kewaspadaan manakala gempa susulan yang masih berpotensi terjadi.

Baca Juga:   Selama Sepekan, 19 Kali Gempa Bumi Terjadi di Deliserdang

(MS9/Okz)