Berita Sumut Religi Sumut

H Adlin Umar Yusri Tambunan : Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Wahana Tingkatkan Tali Silaturahmi

SEI RAMPAH – Momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan tali silaturahmi dan memaknai sekaligus meneladani sikap dan perilaku maupun budi pekerti nabi yang penuh dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selain itu menerapkan sepenuhnya dikehidupan kita sehari-hari baik kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Adlin Umar Yusri Tambunan saat menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H yang digelar Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai di Masjid Agung Sergai, Sei Rampah, Rabu (26/10/2022).

“Dengan meneladani sifat nabi maka akan selalu mengingatkan kita agar selalu mendekatkan diri kepada sang pencipta. Nabi Muhammad SAW yang dibekali dengan sifat kenabian yakni siddiq, amanah tabligh dan fathonah yang diutus oleh Allah SWT untuk menyempurnakan akhlak serta membangun kehidupan yang lebih baik dengan penuh keimanan dan ketaqwaan guna mewujudkan masyarakat yang akhlakul karimah melalui ajaran agama Islam,” kata Wabup di hadapan yang hadir diantaranya; Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua GOPTKI Ny. Aini Zetara Adlin Tambunan, Ketua DWP Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, Kadis Kesehatan, Selamat Hartono beserta jajaran, Kepala Puskesmas, Ustadz Daka Juho Simanjuntak, M. Kom serta masyarakat penerima santunan.

Melalui momen ini, Wabup Adlin berharap agar Allah SWT senantiasa menjauhkan dari segala rintangan dan bencana sekaligus dimudahkan dalam berbagai urusan pemerintahan dan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus demi terciptanya salah satu dari Sapta Sambaan yaitu masyarakat sehat dan religius. Kemudian Wabup juga mengajak untuk meningkatkan kebersamaan, kerukunan serta persatuan dan kesatuan antar umat beragama khususnya seluruh ASN maupun tenaga kontrak di jajaran Pemkab Sergai.

“Makna yang paling mendasar dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk mengevaluasi sejauh mana uswatun hasanah yang melekat pada diri Rasulullah SAW dan dapat diteladani serta dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh merupakan kerugian apabila acara seperti ini tidak mampu merubah perilaku kita ke arah yang lebih baik lagi dari sebelumnya, baik dalam tataran ibadah secara vertikal melalui peningkatan iman dan taqwa,” tutupnya.

Sebelumnya laporan Kadis Kesehatan Sergai, Selamat Hartono menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah selain silahturahmi antara PHBI Dinas Kesehatan Sergai juga mepertegas keimanan kepada sang pencipta serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“PHBI di Dinas Kesehatan sudah terbentuk 10 tahun dan sempat terhenti. Kemudian kita lanjutkan kembali di tahun 2018 hingga saat ini. Selain itu kita juga rutin untuk memberikan santunan yang bersumber dari dana kas PHBI Dinas Kesehatan,” tutup Kadis Kesehatan. (MS8)