Berita Sumut Headline Sumut

Hadir di Tebing Syahbandar dan Tebing Tinggi, Wabup Sergai Tutup Rangkaian Safari Natal 2022

TEBING TINGGI – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, memiliki harapan besar agar masyarakat Sergai menjadi pribadi yang religius.

Hal ini menjadi pesan utama yang disampaikan oleh Wabup Sergai Adlin Tambunan saat dirinya melaksanakan kegiatan Safari Natal di dua lokasi dengan menghadiri Perayaan Natal Oikumene Kecamatan Tebing Syahbandar yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tebing Syahbandar dan Natal Oikumene di Kecamatan Tebing Tinggi yang dilaksanakan di Aula PKS Rambutan Desa Paya Bagas, Jumat (16/12/2022).

“Upaya kami dalam mewujudkan masyarakat yang religius bisa dilihat dari berbagai kebijakan yang telah kami lakukan. Terkhusus yang menyentuh masyarakat Kristiani Sergai adalah lewat program Gerakan Aksi Kasih (GAK),” terang Wabup.

Ia menjelaskan, GAK merupakan program yang bersumber dari kontribusi seluruh ASN Pemkab Sergai beragama Kristen. Kontribusi tersebut, jelasnya, berupa 2,5% dari tunjangan ASN yang kemudian dikelola dan disalurkan kepada para guru sekolah minggu yang ada di Sergai.

Adlin Tambunan mengungkapkan, konsep serupa juga sudah berjalan bagi umat Islam Sergai lewat program Gerakan Amal Saleh (GAS) yang kemudian dapat disalurkan sebagai insentif bagi para bilal mayit dan guru mengaji.

“Kami berharap, GAK dan GAS kedepannya dapat semakin besar manfaatnya dan jangkauannya. Semoga hal tersebut dapat memberi dukungan bagi upaya kami menjadikan Sergai yang tidak hanya mandiri dan sejahtera, namun juga religius rakyatnya,” tegas Adlin Tambunan.

Wabup kemudian menyampaikan jika sejak lama Sergai dikenal sebagai daerah yang rukun dan toleran. Meskipun warga Sergai mayoritas beragama Islam dan dikenal sebagai tanah Melayu, namun di Tanah Bertuah Negeri Beradat tinggal dan hidup masyarakat berbagai latar belakang identitas. Perbedaan ini, pujinya, malah mampu menjadi kekuatan yang merekatkan.

“Perayaan Natal yang berjalan hari ini merupakan bukti jelas jika masyarakat Sergai yang majemuk dapat hidup berdampingan dengan kondusif,” kata Wabup lagi.

Terakhir Adlin Tambunan menyampaikan, kehadirannya di Natal Oikumen Kecamatan Tebing Tinggi merupakan penutup dari rangkaian panjang pihaknya menjalani Safari Natal di 17 kecamatan se-Sergai.

“Semoga Safari Natal ini meninggalkan kesan baik bagi kita semua,” tandasnya.

Dalam Safari Natalnya di Tebing Syahbandar dan Tebing Tinggi ini, Wabup Adlin Tambunan juga menyerahkan paket bantuan kepada warga Kristiani kurang mampu.

Ikut hadir dalam kegiatan serupa para Camat dan Kepala Desa di Tebing Tinggi dan Tebing Syahbandar. (MS8)