Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
HeadlineNasional

Halal Bi Halal IGABETUA Jabodetabek Yang Ternyata Gaungnya Sudah Mendunia, Mottonya Adalah ‘Marsitukkol-Tukkolan’

×

Halal Bi Halal IGABETUA Jabodetabek Yang Ternyata Gaungnya Sudah Mendunia, Mottonya Adalah ‘Marsitukkol-Tukkolan’

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | JAKARTA – Ikatan Keluarga Besar Gunung Tua dan Sekitarnya atau disingkat IGABETUA ternyata gaungnya sudah mendunia. Anggotanya adalah para perantau yang sudah berhasil di berbagai bidang usaha dan pekerjaan. Igabetua juga menjadi wadah berkumpulnya perantau asal Gunung Tua dan Sekitarnya.

Dari acara Halal Bi Halal yang digelar, Sabtu (11/5/2024) di Jakarta, berkumpul ratusan orang warga perantau yang tergabung dalam Igabetua Jabodetabek, terungkap juga bahwa warga yang berasal dari daerah ini memiliki wadah berhimpun yang menyambungkan para kaum family yang tinggal di Eropa, Amerika, Australia dan Asia.

Paguyuban etnik daerah ini dirancang modern dengan digitalisasi. Lewat dunia maya mereka saling tukar informasi baik ekonomi maupun sosial. Seperi yang diungkapkan Safaruddin Harahap, selaku Ketua Umum IGABETU, dengan mengutif falsafah daerah, “Tungpe badatta padao-dao, tonditta tong marsigomgoman.” Petuah daerah ini dimaksudkan, meski badan kita berjauhan, hati kita tetap berdekatan.

Baca Juga:   Agus Salim Minta Dukungan Pers Agar Penegakan Hukum di Sulteng Berjalan Sesuai Harapan

Sementara tokoh muda IGABETUA, Arifin Sori Muda Siregar, sebagai pelaku usaha, pemilik Alam Bistro Cafe, Tangerang Selatan, tempat acara Halal bi Halal Igabetua digelar, memiliki obsesi besar wadah ini bisa memajukan usaha mikro, kecil dan menengah baik dari daerah Gunung Tua sekitarnya maupun di perantauan.

“Kita berharap ke depan, warga IGABETUA di jagad raya bisa saling membesarkan dan “Marsitukkol-Tukkolan-tolong menolong”. Dan tidak lupa kampung halaman sebagai tempat asal nenek moyang kita,” kata Arifin Sori Muda Siregar.

Ada juga tokoh IGABETUA lainnya, Mara Daman Harahap yang berpesan agar paguyuban ini tambah maju ke depan dan terbangunnya rasa kebersamaan yang kuat. Memberi manfaat baik pada anggota maupun ke masyarakat. Mara Daman yang mengukuhkan pengurus baru meminta agar secepatnya menyelesaikan susunan pengurus.

Baca Juga:   Tim Tabur Intelijen Kejati Sumut Tangkap Tersangka DPO Korupsi Videotron

“Kalau bisa, jangan lebih dari tiga bulan sudah rampung susunan pengurus,” kata Mara Daman Harahap.