Ini Daftar Peristiwa Penting di 29 Februari

Mediasumutku.com | Yang lahir tanggal 29 Februari, tahun ini adalah tahun istimewa karena bisa merayakannya. Lewat tahun ini, harus menunggu 3 tahun lagi baru bisa dapat tanggal 29 di kalender.

Tanggal 29 Februari, ada sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 29 Februari. Di antaranya bahkan tercatat menjadi catatan penting yang mendunia.

Berikut ini sejumlah catatan kejadian penting pada 29 Februari, sebagaimana dikutip dari Wikipedia.org, Sabtu (29/2/2020).

1936-Insiden 2-26 di Tokyo Berakhir

Peristiwa Februari di Kota Tokyo atau dikenal sebagai insiden 2-26 merupakan sebuah kudeta Kekaisaran Jepang yang terjadi pada 26 Februari 1936 dan berakhir tiga hari setelahnya atau 29 Februari.

Peristiwa itu bermula ketika perwira muda dari faksi radikal Kodoha, Angkatan Darat Kekaisaran Jepang, berniat menggulingkan pemerintahan dan kepemimpinan militer faksi moderat Toseiha.

Hasilnya, kubu Kodoha kalah. Pemberontakan Kodoha gagal yang kemudian lenyap. Faksi moderat Toseiha kemudian meningkatkan pengaruh militer atas pemerintahan.

1952 – Pulau Heligoland Dikembalikan ke Jerman

Heligoland adalah sebuah pulau yang pernah menjadi sengketa antara beberapa negara. Pulau ini pernah dikuasai Belanda pada 1714 hingga 1807.

Kemudian pulau itu direbut oleh Inggris Raya pada 11 September 1807. Belanda menyerahkan pulau itu ke Inggris Raya secara resmi lewat Perjanjian Kiel.

Terakhir, pulau ini dikembalikan oleh Inggris Raya ke Jerman melalui Persetujuan Inggris-Jerman. Dalam persetujuan itu Jerman memperoleh kekuasaan atas Pulau Heligoland.

Sebagai gantinya, Jerman menghentikan harus klaim atas wilayah Zanzibar di Afrika yang kemudian daerah itu menjadi jajahan Inggris Raya.

1960 – Gempa Bumi di Pesisir Maroko Tewaskan 12.000 Orang

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,7 mengguncang Agadir, daerah pesisir di Maroko Barat, pada 29 Februari 1960, sekira pukul 23.40 waktu setempat. Gempa tersebut mengakibatkan 12.000 hingga 15.000 orang meninggal.

Kekuatan gempa memang cukup rendah, namun kedalamannya dangkal. Alhasil, gempa tersebut menyebabkan guncangan yang sangat kuat di permukaan dengan skala ekstrem.

Berdasarkan laporan, hampir sepertiga populasi di daerah Agadir tewas. Sebanyak 12.000 orang terluka dan 35.000 orang kehilangan tempat tinggalnya. Gempa ini tercatat salah satu yang paling mematikan dalam sejarah Maroko.

1996 – Pesawat Faucett Jatuh di Andes, Seluruh Penumpang Tewas

Pesawat Faucett penerbangan 251 dengan rute domestik dari Bandara Internasional Jorge Chavez Lima, Peru, tujuan Bandara Internasional Santa Rosa, Tacna, Peru, jatuh di pegunungan daerah Andes pada 29 Februari 1996. Saat itu pesawat hendak singgah di Bandara Arequiqa.

Seluruh penumpang yang berjumlah 117 orang tewas dalam kecelakaan tersebut. Tak hanya itu, enam awak pesawat juga ikut tewas dalam kecelakaan ini. Total ada 123 orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Pesawat jatuh saat kondisi langit dalam keadaan hujan dan berkabut. Pesawat tidak dapat melihat landasan Bandara Arequipa yang kemudian menabrak Pegunungan Andes. Kecelakaan pesawat itu menjadi salah satu yang paling mematikan di Peru.

1999 – Perang Chechen II

Perang Chechen lI merupakqn kampanye militer Rusia pada 1999 yang bertujuan mengembalikan daerah separatis Chechnya. Chechnya sendiri pada perang pertamanya secara de facto telah menyatakan kemederdekaannya dan mendirikan negara dengan nama Republik Chechnya Ichkeria.

Pada 29 Februari 2000, perang itu menelan korban jiwa sebanyak 84 orang. Para korban itu merupakan pasukan Rusia yang terbunuh setelah diserang oleh pemberontak di pos jaga dekat Ulus Kert.

Namun, hasil akhir dari perang tersebut dimenangkan oleh Rusia. Kemenangan itu membentuk Pemerintah Chechnya yang pro terhadap Rusia.

2008 – Tokyo Skytree, Menara Tertinggi di Dunia Rampung Dibangun

Menara tertinggi di dunia, Tokyo Skytree, rampung dibangun pada 29 Februari 2012. Menara yang terletak di Sumida, Tokyo, Jepang, tersebut mulai dibangun pada 14 Juli 2008 dan berhasil diselesaikan empat tahun kemudian. Tokyo Skytree resmi dibuka pada 22 Mei 2012.

Ketinggian menara ini mencapai 634 meter. Menara ini digunakan sebagai menara siaran, rumah makan, serta tempat observasi di Tokyo. Tokyo Skytree juga tercatat sebagai bangunan tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa.

MS9

Next Post

Cristiano Ronaldo Jadi Masalah Utama Sarri di Juventus?

Sab Feb 29 , 2020
Mediasumutku.com | Verona : Gelandang Chievo Verona, Emanuele Giaccherini, memberikan komentar soal kiprah Maurizio Sarri bersama Juventus di musim 2019-2020. Giaccherini menilai masalah utama Sarri melatih Juve adalah keberadaan sosok Cristiano Ronaldo. Sebagaimana diketahui, kinerja Sarri bersama Juve memang tengah menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Terlebih setelah kekalahan yang […]

Breaking News