Berita Sumut Headline Politik Sumut

Irwansyah Minta BP2RD Gali Potensi PAD dan Awasi Kebocoran Pajak

MEDAN-Anggota Komisi III DPRD Medan Irwansyah apresiasi kinerja BP2RD dalam capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2022. Ke depan diharapkan semakin meningkat menggali potensi PAD namun lebih mengedepankan sikap humanis serta memperhatikan aspek sosial dan ekonomi.

Penilaian dan harapan itu disampaikan Irwansyah saat dimintai tanggapannya, Sabtu (3/12/2022) menyikapi kinerja BP2RD Medan yang terus berinovasi dalam upaya peningkatan PAD.

“Kita tahu, semakin besar PAD Kota Medan maka semakin besar peluang peningkatan pembangunan di Kota Medan,” ujar Irwansyah.

Seiring dengan itu, Irwansyah juga berharap dan menghimbau agar masyarakat taat pajak akan kewajibannya karena perolehan pajak dari rakyat adalah demi kepentingan rakyat keseluruhan,” imbuhnya.

Anggota dewan dari Fraksi PKS itu berharap agar Pemko Medan dapat melihat peluang pajak yang lebih besar dan tidak sekedar menaikkan pajak PBB. Namun diharapkan mencari potensi lain dan mengawasi kebocoran pajak.

Sedangkan bagi masyarakat yang merupakan objek pajak banyak mengeluhkan tingginya beban PBB yang harus mereka bayar. Keluhan seperti itu diharapkan dapat menjadi pertimbangan apalagi himpitan ekonomi karena dampak Covid-19.

Selain membuka Pojok PBB, pihak BP2RD juga melakukan penyisiran pajak bagi para penunggak PBB. Misalnya, Jumat kemarin mendatangi salah satu hotel di Jalan Gagak Hitam yang tunggakannya mencapai Rp245 juta dan dipasangi spanduk bertuliskan belum bayar PBB.