Berita Sumut Headline Medan Sumut

Isi Ramadan dengan Kajian Ilmu, Nawal Lubis Apresiasi Pengajian DWP Sumut

MEDAN – Bulan Ramadan tidak menghalangi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk terus melaksanakan pengajian. Apalagi, kegiatan positif ini salah satu yang dianjurkan dalam mengisi bulan Ramadan yang penuh berkah.

Karena itu, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi kegiatan pengajian yang dilakukan DWP Sumut. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri pengajian di Kantor DWP Sumut, Jalan Teuku Cik Dik Tiro, Medan, Kamis (7/4). Pengajian tersebut dilaksanakan secara virtual dan diikuti pengurus DWP kabupaten/kota.

“Dengan berbekal keimanan kita kepada Allah SWT, ibadah puasa Ramadan yang kita laksanakan dengan baik sesuai ketentuan agama, kita konsisten memelihara dan meningkatkan iman dan ilmu yang kita miliki,” kata Nawal.

Nawal juga mengatakan, pada bulan Ramadan umat Islam juga dianjurkan banyak membaca, memahami dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Alquran. “Kita juga mesti memperbanyak salat sunah, melakukan kegiatan yang positif, serta banyak melakukan amal ibadah yang bermanfaat bagi diri maupun orang lain,” ucap Nawal.

Tema pengajian tersebut adalah ‘Taklukkan Nafsu, Jauhi Israf dan Tabzir’. Dalam ceramahnya, Ustaz Hasbi Al Mawardi Lubis menyampaikan, janganlah berbuat atau melakukan sesuatu yang berlebihan dan boros.

“Kita tak disuruh berlebihan, berlebihan jangan, misalnya membelanjakan sesuatu tidak pada tempatnya,” kata Hasbi.

Untuk menahan nafsu boros atau berlebihan, seseorang haruslah rendah hati. Selain itu, sikap qonaah atau merasa cukup juga harus ditekankan.

“Kita kecilkan peluang untuk melakukan pemborosan itu, jadikan momentum Ramadan ini mengikis atau mengecilkan nafsu, jadilah manusia yang qonaah atau merasa cukup dan terus beryukur,” kata Hasbi.

Ketua DWP Sumut Linda Fauziyah A Haris Lubis menyampaikan pengajian tersebut akan diadakan tiga kali. Diharapkan kajian tersebut akan menambah keilmuan para pengurus DWP. “Serta dapat memperkuat dan memperkokoh landasan keimanan, guna memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat,” ujar Linda.