Medan

Jaga Stabilitas Harga, PUD Pasar Kota Medan Gelar Gebyar Pasar Murah di Tiga Pasar

MEDAN-Sebagai langkah menjaga stabilitas harga menjelang akhir tahun sesuai dengan arahan Walikota Medan Bobby Nasution, PUD Pasar Kota Medan menggelar Gebyar Pasar Murah. Pasar murah yang menjual kebutuhan pokok khususnya sembako ini digelar di tiga pasar yakni Pasar Petisah, Pasar Marelan dan Pasar Sukaramai.

Gebyar pasar murah yang digelar PUD Pasar selama dua hari ini dibuka oleh Walikota Medan Bobby Nasution diwakili Plh Asisten Ekbang Mansyur Syah di Basement Pasar Petisah, Senin (26/12/2022).

Turut hadir Kadis Ketapang Emilia Lubis, Dirut PD Pasar Suwarno, Dirut PT Pilar Indonesia Irvansyah, Camat Medan Petisah Budi Anshari serta jajaran PD Pasar Kota Medan.

Dikatakan Plh Asisten Ekbang Kota Medan, Mansyur Syah dalam membacakan sambutan tertulis Bobby Nasution, bahwa kegiatan pasar murah ini sangat efektif membantu dan meringankan beban masyarakat kota Medan yang membutuhkan. Sebab diketahui selain menjelang akhir tahun dan hari besar keagamaan beberapa harga kebutuhan pokok naik, di masa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang terdampak.

“Pasar murah yang digelar PUD Pasar merupakan salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk membantu meringankan beban hidup masyarakat yang membutuhkan. Meskipun bukan solusi terbaik namun ini salah satu oase ditengah kondisi saat ini apalagi jelang hari besar keagamaan  dan akhir tahun,” sebutnya.

Kepada PUD Pasar pihak yang menggelar Gebyar Pasar Murah, Plh Asisten Ekbang meminta agar seluruh petugas PUD Pasar untuk memantau dan mengawasi distribusi barang -barang yang dijual lebih murah dibanding harga normal di pasaran.

“Tentunya ini adalah amanah, kami tidak ingin terjadi penyelewengan pada Gebyar Pasar Murah ini dan pastikan kegiatan ini bisa tepat sasaran. Jangan sampai didengar masyarakat mengeluh karena sulit mendapatkan produk murah di Gebyar Pasar Murah ini,” jelas Mansyur Syah.

Gebyar Pasar Murah ini mendapat sambutan yang positif dari sejumlah warga khususnya yang membeli kebutuhan pokok. Diantaranya Esterlina Empi warga Sunggal yang usai berbelanja sembako mengungkapkan gebyar pasar murah ini sangat membantu dirinya. Sebab saat ini harga di pasaran sudah mulai naik, tetapi di pasar murah ini harga stabil dan cenderung lebih murah.

“Pasar murah ini sangat membantu kami, dimana harga saat ini sudah mulai naik namun di pasar murah ini harga relatif lebih murah. Karena harga sembako disini murah dan terjangkau maka uang lebihnya dapat kami simpan atau membeli kebutuhan untuk anak,” jelas Esterlina.

Esterlina pun berharap, kepada Pemko Medan dapat terus memperhatikan dan membantu masyarakat dengan menggelar Gebyar Pasar Murah seperti hari ini.

“Saya berharap kepada Pemerintah pasar murah seperti ini terus digelar, karena harga di pasaran cenderung mahal,” sebutnya.

Sebelumnya, Dirut PD Pasar Kota Medan Suwarno menjelaskan bahwa pihaknya menggelar Gebyar Pasar Murah berkolaborasi dengan PT Pilar Indonesia ini bertujuan untuk menjaga kestabilan harga kebutuhan pokok sesuai dengan arahan bapak Walikota Medan Bobby Nasution. Baik itu dari segi ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga dan kelancaran distribusi terlebih menjelang hari besar keagamaan dan tahun baru 2023.

Dijelaskan Suwarno, komoditas yang dipersiapkan selama Gebyar Pasar Murah berlangsung yakni Beras 50 Ton, Minyak goreng 15 ribu liter, Gula 20 Ton, telur 72 ribu butir dan cabar merah 5 Ton.

“Pasar murah yang digelar di tiga pasar yakni pasar Petisah, pasar Marelan dan Pasar Sukaramai dengan harga komoditas beras Rp 48 ribu per 5 kg, telur 48 ribu per papan, gula Rp 13.500 per 1 kg dan  minyak goreng Rp 13.500 per 1 liter. Kami menghimbau masyarakat dapat belanja kebutuhan pokoknya di pasar murah tersebut,” selas Suwarno yang mengaku pihaknya juga akan melakukan pengawasan agar pasar murah ini tepat sasaran.

Dalam pembukaan Gebyar Pasar Murah ini, Pemko Medan juga mendapatkan bantuan 3 unit mobil Pickup dari PT Pilar Indonesia untuk mendukung aktivitas di PUD Pasar. Penyerahan mobil ini dilakukan oleh Dirut PT Pilar Indonesia kepada Plh Asisten Ekbang, kemudian diserahkan kepada Dirut PD Pasar.

Selanjutnya Plh Asisten Ekbang juga melakukan peresmian Musholla Al Barokah di lantai Basement Pasar Petisah. Keberadaan musholla ini sangat dinanti oleh pedagang pasar Petisah selama ini guna menunaikan ibadah terutama di waktu subuh. (MS7)