Berita Sumut Headline Hukrim Sumut

Kajari Dairi Ikuti Rakernis Bidang Intelijen dan Pidsus Secara Daring

SIDIKALANG-Kepala Kejaksaan Negeri Dairi Chandra Purnama, SH,MH beserta para Kasi mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Intelijen dan Pidsus secara daring, di ruang rapat Kejari Dairi, Senin (27/9/2022) sampai Selasa (27/9/2022).

Rakernis Bidang Intelijen dibuka secara resmi oleh Jaksa Agung Muda Intelijen (JAM-Intelijen) Amir Yanto mengusung tema ‘Optimalisasi Intelijen Penegakan Hukum Menyongsong Indonesia Maju’ sementara bidang Pidsus mengusung tema ‘Pidsus Bangkit, Bersama Melangkah Lebih Kuat’.

Dalam arahannya, JAM Intelijen Amir Yanto menyinggung soal bentuk dukungan bidang Intelijen Kejaksaan, dalam mengoptimalkan peran Kejaksaan untuk mewujudkan pembangunan ekonomi nasional yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Tema Rakernis Bidang Intelijen Tahun 2022 diusung dalam rangka mengoptimalkan peran Inteljen Penegakan Hukum sebagai pelaksana fungsi supporting bidang di lingkungan internal Kejaksaan, sehingga melalui peran intelijen, maka program-program kerja masing-masing bidang di lingkungan Kejaksaan dapat terealisasi sesuai target yang sudah direncanakan,” kata Amir Yanto.

JAM-Intelijen menyampaikan, bahwa terkait dengan Instruksi Jaksa Agung tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) di lingkungan Kejaksaan, juga harus menjadi perhatian Bidang Intelijen.

Di antaranya Rencana Aksi Nasional P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika), dimana melalui Pusat Penerangan Hukum (Puspenkum) harus dibuat rencana aksi penyediaan dan penyebaran informasi tentang pencegahan bahaya narkotika dan prekursor narkotika kepada pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), dan masyarakat dengan indikator keberhasilan terintegrasinya sarana informasi dan publikasi/ sosialisasi terkait bahaya narkotika dan prekursor narkotik.

“Bahwa segala kegiatan dan program kerja Kejaksaan secara keseluruhan, sangat bergantung pada keberhasilan saudara dalam pencapaian kinerja. Kiranya saudara-saudara dapat mengikuti kegiatan ini secara tekun dan antusias serta memanfatkan forum ini dengan sebaik-baiknya untuk menyerap sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas ke depan sebagai penyelenggara intelijen penegakan hukum,” tandasnya.