Sumut

Kampung Pancasila di Asahan Diharapkan Jadi Contoh Keberagaman dan Toleransi

ASAHAN – Kabupaten Asahan memiliki kampung Pancasila. Lokasinya di Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat dan telah diresmikan oleh Bupati Asahan H. Surya, Kamis (10/3/2022).

Camat Simpang Empat, Umar selaku tuan rumah mengucapkam selamat datang kepada Bupati Asahan beserta Forkopimda Kabupaten Asahan di Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat untuk meresmikan Kampung Pancasila.

“Dengan dihunjuknya Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat menjadi kampung Pancasila diharapkan masyarakat Desa Simpang Empat dapat menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama, sehingga perbedaan yang kita miliki bukan menjadi suatu penghalang, tetapi perbedaan yang kita miliki menjadi suatu sumber energi untuk bangkit dan maju menuju masyarakat Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter,” ucap Umar.

Dandim 0208/Asahan Letkol Inf. Franki Susanto, SE pada sambutannya menjelaskan latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila adalah untuk penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kerukunan umat beragama, penerapan nilai leluhur budaya bangsa dalam kehidupan beragama yang saling menghargai dan menghormati sesama pemeluk agama walaupun berbeda – beda keyakinan

“Tidak hanya itu saja yang menjadi latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila ada hal lain yang dapat kita perhatikan yaitu penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sebagai bangsa yang bermartabat. Kampung Pancasila ini juga dibentuk sebagai contoh toleransi antar umat beragama yang hidup damai dalam perbedaan, tanpa ada konflik,” ucap Dandim 0208/Asahan.

Pemilihan Desa Simpang Empat sebagai Kampung Pancasila karena memiliki nilai toleransi agama yang tinggi, pasalnya, didesa ini terdapat beberapa penganut agama yang selalu hidup dengan damai dan rukun yakni Islam, Kristen, Khatolik dan Budha. Kerukunan umat beragama di Kampung ini terbukti dari rumah Ibadah yang letaknya saling berdekatan meski berada dalam satu area, masyarakat di kampung ini tetap menghargai agama masing-masing.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, BSc pada pidatonya mengatakan dengan diresmikannya Desa Simpang Empat sebagai Kampung Pancasila, ia berharap semakin terpeliharanya persatuan dan kesatuan di kalangan masyarakat.

Bupati Asahan juga mengapresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Desa Simpang Empat yang selama ini telah menjaga kerukunan, toleransi beragama dan telah mengimplementasikan nilai-nilai terkandung dalam Pancasila.

Bupati Asahan juga berharap, kepada seluruh desa yang ada di Kabupaten Asahan dapat mencontoh Desa Simpang Empat yang dapat menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama.

“Walaupun kita berbeda bukan menjadi suatu alasan bagi kita untuk berpecah belah, tetapi jadikan perbedaan yang kita miliki ini menjadi suatu kekuatan bagi kita,” ucap Bupati Asahan sekaligus menutup pidatonya. (MS10)