Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Pendidikan

Rektor Launching USU Kampus Digital, 9 Aplikasi Dihasilkan Selama Tiga Tahun Masa Kepemimpinannya

×

Rektor Launching USU Kampus Digital, 9 Aplikasi Dihasilkan Selama Tiga Tahun Masa Kepemimpinannya

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof. Dr. Muryanto Amin S.Sos., M.Si., melaunching USU Kampus Digital dalam tiga tahun kepemimpinannya dengan memperkenalkan 9 aplikasi yang dimiliki untuk memudahkan layanan tri dharma di USU. Acara itu sendiri turut dirangkai dengan kegiatan olahraga lari dalam tema  “USU Run Bareng Rektor” yang dimulai dari pelataran Auditorium USU dan berakhir di Gedung Pancasila, Sabtu (17/02/2024).

Rektor USU menyampaikan, rasa terima kasih kepada para guru besar, dosen, dan pimpinan satuan kerja yang telah bekerja keras dengan ikhlas dan tulus selama tiga tahun kepemimpinannya di USU, dalam merealisasikan cita-cita bersama. Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa semakin termotivasi untuk mengikuti program-program yang mendukung mereka dalam menghadapi dunia kerja.

“Terima kasih sampai dengan 3 tahun ini selama saya memimpin Universitas Sumatera Utara  para guru besar, dosen, dan para pimpinan satuan kerja yang bekerja secara ikhlas dan tulus,” ungkap Prof. Muryanto.

Baca Juga:   USU Juara Satu Baca Puisi dan Komik Strip, Juara Dua Vokal Grup di PEKSIMINAS XVI UB Malang

Rektor USU menyampaikan bahwa untuk menciptakan kebersamaan, tidak selalu harus melalui kegiatan formal. Kegiatan yang bersifat menyenangkan namun tetap menyampaikan pesan dapat memperkuat motivasi dan semangat, baik bagi mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan. Rektor juga mencatat bahwa kegiatan ini dapat menciptakan suasana yang lebih santai dan menghilangkan sekat antara mahasiswa dan rektor.

“Untuk menciptakan kebersamaan bisa juga melalui kegiatan yang funny. Karena sering mahasiswa ketemu rektor takut, jadi kegiatan ini dapat menghilangkan sekat itu,” jelas Prof. Muryanto.

Ketua Senat Akademik USU Prof. Dr. Suwarto, SH, MH menjelaskan, bahwa selama tiga tahun terakhir terjadi perkembangan positif, khususnya pada tahun 2023 dengan melantik lebih banyak guru besar. Peningkatan jumlah guru besar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap kinerja akademik USU yang sedang menuju menjadi World Class University.

“Para Guru besar diharapkan dapat meningkatkan jalinan kerja sama USU dengan para Profesor yang ada di luar negeri untuk melaksanakan joint research, joint teaching, dan yang lainnya,” harap Prof. Suwarto.

Baca Juga:   Kampanyekan Danau Toba, Menpar Dukung Poltekpar Medan Buka Usaha Rintisan Pariwisata

Prof. Dr. dr. Thamrin Tanjung Sp.OG(K) menyampaikan, bahwa sejak 2021-2024, terjadi kemajuan pesat yang telah dilakukan oleh Rektor USU dan jajarannya. Kemajuan tersebut terutama terlihat dalam penempatan kerja, peningkatan kualitas dosen, dan perkembangan proses belajar mengajar. Selama periode tersebut, universitas juga berhasil menerbitkan 10.000 karya ilmiah.

“Harapannya mahasiswa menghasilkan karya ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal Internasional, juga laboratorium dapat lebih dikembangkan untuk mendukung kemajuan dosen dan mahasiswa,” tutur Prof. Thamrin.

Aplikasi USU

Adapun 9 daftar aplikasi yang diciptakan dalam tiga tahun kepemimpinan Rektor Prof. Muryanto Amin di antaranya Sistem Informasi Kertas Kerja RKA yang menjadi sistem pendukung Rencana Kerja Anggaran USU setiap satuan kerja.

Konten Web USU yang memberikan informasi secara efektif kepada publik melalui platform web sebagai sarana edukasi.

Baca Juga:   FP USU Latih Warga Pinggiran Sungai dan Rel Bercocok Tanam Hidroponik dan Vertikultur

Layanan Administrasi Universitas (LARAS) yang mewujudkan program kerja Rektor melalui Direktorat Digitalisasi dan Integrasi Sistem Bersama Biro Sumber Daya Manusia.

Manajemen Evaluasi Kinerja Aparatur (MEKAR) USU yang digunakan untuk mencatat perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan umpan balik dari kinerja seorang pegawai dalam satu periode penilaian.

Sistem Informasi Layanan Administrasi (SILA) https://tiket.usu.ac.id/ yang mengedepankan kecepatan layanan dan keakuratan output.

Sistem informasi pendampingan penulisan karya ilmiah dan pengusulan hak kekayaan intelektual (SILIPIHKI) dikembangkan untuk mengakomodir kebutuhan pendampingan penulisan karya ilmiah.

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) USU yang dirancang untuk dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan.

Forum Informasi dan Komunikasi Akademik (FIONA) yang menjadi Forum Diskusi Digital (E-Forum) berbasis website.

Terakhir, Sistem Informasi Penatakelolaan Aset Tetap dan Logistik Terintegrasi (SI-KALISTA) kalista.usu.ac.id yang menjadi pencatatan, pendistribusian, pemeliharaan, penghapusan hingga pelaporan terkait seluruh aset yang berada di lingkungan USU. (MS7)