Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlineKesehatanSumut

Kejari Karo Sampaikan Pesan “Prokes” Lewat Sebungkus Nasi

×

Kejari Karo Sampaikan Pesan “Prokes” Lewat Sebungkus Nasi

Sebarkan artikel ini

KABANJAHE – Pagi menjelang siang, saban hari Senin, Rabu dan Jumat beberapa orang pegawai Kejaksaan Negeri Karo sudah mempersiapkan 50 sampai 100 nasi bungkus setiap kali menggelar aksi peduli di depan kantor Kejari Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe Kabupaten Karo.

Seperti disampaikan Kajari Karo Fajar Syah Putra, SH, MH melalui Kasi Intel Kejari Karo Ifhan Taufik Lubis, SH, Rabu (1/12/2021), ide awal kegiatan aksi peduli bagi nasi bungkus adalah atas nama kepedulian dan partisipasi dari semua jaksa maupun pegawai untuk menyisihkan ‘sedikit’ dari penghasilannya, lalu dana yang terkumpul dibelanjakan oleh pegawai, kemudian dimasak dan dibungkus untuk kemudian dibagikan kepada warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Program ini sudah berjalan beberapa bulan dan mendapat respon yang sangat positif dari warga masyarakat Kabanjahe, Kabupaten Karo, ” papar Ifhan Lubis.

Baca Juga:   Ibu dan Anak Jadi Tersangka Karena Dituduh Merusak Tanaman Kopi dan Serai Di Puncak 2000 Siosar

Karena program ini sudah menjadi agenda tetap Kejari Karo, lanjut Ifhan Lubis warga masyarakat yang sudah mengetahuinya datang lebih cepat dan rela menunggu sampai nasi bungkus disiapkan dalam sebuah steling kecil.

“Sistem penyalurannya kita upayakan agar tidak menimbulkan kerumunan. Dimana, warga masyarakat yang hendak mengambil nasi bungkus diatur sedemikian rupa, dan setiap orang hanya boleh mengambil satu bungkua agar yang lain ikut menikmatinya,” kata Ifhan.

Kajari Karo Fajar Syah Putra, SH, MH

Selama berlangsungnya kegiatan, lanjut Ifhan Lubis tim yang bertugas akan memandu masyarakat dan menyampaikan pesan agar masyarakat yang datang mengambil nasi bungkus tetap mematuhi protokol kesehatan. Apabila ada ditemukan warga masyarakat yang tidak memakai masker, maka warga tersebut langsung ditegur dan diingatkan agar tidak lupa memakai masker saat akan keluar rumah.

Baca Juga:   Nawal Lubis Lantik PD GPMB Kabupaten Pertama

“Antisipasi dan edukasi yang kita lakukan adalah mengingatkan warga agar patuhi protokol kesehatan serta menyertakan brosur ‘penyuluhan’ ditiap bungkus nasi. Kita juga menyediakan masker dan membagikannya kepada warga masyarakat terutama yang tidak memakai masker saat datang untuk mengambil nasi bungkus, ” tandasnya.

Pesan penerapan protokol kesehatan, kata Ifhan tak pernah dilupakan. Warga masyarakat diajak untuk ikut vaksin, selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Kalau pun terpaksa harus keluar rumah, masyarakat kita ingatkan agar tidak lupa memakai masker.

Berkah nasi bungkus di masa pandemi Covid-19 menurut Kajari Karo Fajar Syah Putra saat dihuubungi lewat sambungan telepon bukan sekadar berbagi.

Baca Juga:   Pulihkan Keadaan Seperti Semula, Kejatisu Hentikan Penuntutan Perkara Pemukulan dengan Pendekatan RJ

“Ada pesan kemanusiaan yang kita bangun dan ciptakan di Kejari Karo agar semua jaksa dan pegawai memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap sesama. Setiap pegawai memiliki komitmen menyisihkan sedikit saja dari penghasilannya untuk kemudian kita bagikan kepada yang membutuhkan lewat sebungkus nasi lengkap dengan lauknya, ” papar Fajar Syah Putra.

Setiap kali pembagian nasi bungkus, tambah Ifhan Lubis ada kebahagiaan tersendiri saat nasi bungkua tersebut sudah berpindah tangan dari tim kita yang meletakkannya di dalam steling.

“Harapan kita kepada warga masyarakat yang menikmati nasi bungkus tersebut agar tidak menilainya dengan uang, tapi itu adalah bentuk kepedulian dari Kejari Karo kepada sesama yang membutuhkan, ” katanya.