Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Medan

Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru Sukses Optimalkan Pemanfaatan Lahan Tidur

×

Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru Sukses Optimalkan Pemanfaatan Lahan Tidur

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru, Kecamatan, Medan Timur sukses mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur atau perkarangan untuk dijadikan warung hidup, lumbung hidup dan juga apotik hidup.

Suksesnya pemanfaatan lahan tidur yang dikembangkan menjadi lahan pertanian tersebut menarik perhatian Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu untuk hadir dan melihat langsung seperti apa lahan pertanian yang dikembangkan.

Hadirnya Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu dalam rangka monitoring lomba Hatinya PKK di Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru tersebut disambut langsung oleh Camat Medan Timur, Noor Alfi Pane, beserta Ketua TP PKK Kecamatan Medan Timur, Novianti Noor Alfi Pane, Lurah Pulo Brayan Bengkel Baru, Efendi Gurusinga, dan Ketua TP PKK Kelurahan, Desi Efendi Gurusinga, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga:   Pers Dinilai Miliki Peran Aktif Dalam Pembangunan Kualitas Demokrasi Negara

Kahiyang Ayu dikesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru yang telah berhasil memanfaatkan lahan tidur dan perkarangan rumah untuk dijadikan pengembangan tanaman pertanian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Sangat bagus apa yang sudah dikembangkan salah satunya cabai carolina dan produk olahan lainya seperti dodol sukun,”kata Kahiyang Ayu.

Untuk itulah Kahiyang Ayu yang hadir didampingi Ketua I bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Ismiralda Wiriya Alrahman, Ketua III bidang Penguatan Ketahanan Keluarga, Asmalita Zulkarnain beserta pengurus TP PKK kota Medan lainya,  berharap inovasi ini dapat terus dikembangkan.

“Saya berharap dapat terus dikembangkan sehingga PKK yang ada di Kelurahan ini dapat menghasilkan prestasi yang lebih membanggakan,”harapnya.

Baca Juga:   Realisasi Proyek Drainase Masih 10 Persen, Tapi 70 Persen Proyek Sudah Teken Kontrak

Sebelumnya Camat Medan Timur, Noor Alfi Pane dalam sambutannya mengatakan apa yang sudah dilakukan Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru sudah sangat baik, meski demikian masih banyak hal-hal yang perlu mendapat perhatian khusus dari Ketua TP PKK Kota Medan, Kahiyang Ayu.

“Nantinya kita akan membawa nama baik kota Medan untuk berlomba di tingkat Provinsi. Kita harus menjadi yang terbaik seperti yang di inginkan ibu ketua TP PKK Kota Medan, “ujar Noor Alfi Pane.

Sementara itu dalam ekspose yang disampaikan Ketua TP PKK Kelurahan Pulo Brayan Bengkel Baru, Desi Efendi Gurusinga memaparkan ada sejumlah inovasi yang dikembangkan dalam program hatinya PKK untuk tahun 2024 diantaranya optimalisasi pemanfaatan lahan tidur dan perkarangan untuk dijadikan warung hidup, lumbung hidup dan apotik hidup.

Baca Juga:   Terguncang Saat Pandemi, ASITA Sumut Curhat ke Komisi III DPRD Medan

“Banyak tanaman yang sudah kita kembangkan, saat ini kita mencoba mengembangkan cabai carolina yang dinilai memiliki antioksidan yang tinggi, dan dapat mencegah kanker,”jelas Desi.

Selain itu juga Desi menambahkan inovasi lainya yaitu dengan memanfaatkan buah sukun untuk menjadi berbagai olahan makanan seperti bolu sukun, dodol sukun, kripik sukun dan kue lumpur sukun.

“Kita mengajak masyarakat untuk dapat mengembangkan inovasi ini, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat,”harapnya. (MS7)