Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Pendidikan

Klasterisasi Perguruan Tinggi Universitas Asahan Naik Posisi dari Binaan ke Utama

×

Klasterisasi Perguruan Tinggi Universitas Asahan Naik Posisi dari Binaan ke Utama

Sebarkan artikel ini

ASAHAN – Universitas Asahan (UNA) berhasil meraih posisi dari klaster binaan menjadi klaster utama pada klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023.

Hal tersebut berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kemendikbudristek Republik Indonesia Nomor : 0183/E5.5/AL.04/2023 tanggal 8 Maret 2023 tentang pengumuman Klasterisasi Perguruan Tinggi.

Atas capaian itu, Rektor UNA Prof. Dr. Tri Harsono, M.Si menyampaikan rasa syukurnya.

“Kita patut bersyukur atas capaian ini. Ini adalah hasil kerja keras seluruh komponen yang ada di lembaga ini. Kinerja yang optimal tentunya akan mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan. Saya berharap seluruh sivitas akademik dosen, karyawan dan mahasiswa, terus bersinergi meningkatkan kualitas kinerjanya untuk mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Baca Juga:   Pensi PSP : Jangan Pandang Seberapa Kekuranganku, Tetapi Galilah yang Ada Pada Diriku

Rektor berharap posisi ini menjadi penyemangat untuk bekerja ulet dan berkontribusi lebih optimal dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul untuk kemajuan kita bersama.

Sementara itu, Ketua Yayasan UNA Drs. Mapilindo, M.Pd mengapresiasi atas capaian ini dan berterima kasih kepada seluruh Pimpinan Universitas, Fakultas, Prodi, Ketua/Sekretaris Lembaga, Dosen, Pegawai, dan seluruh sivitas akademika UNA yang telah bekerja keras dan berjuang untuk kemajuan UNA. Semoga ke depannya UNA akan lebih berkembang dan dapat dirasakan oleh segenap masyarakat luas.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNA Dra. Hamidah Sidabalok, M.Hum pun mengucap syukur karena penelitian dosen UNA bisa mengangkat posisi perguruan tinggi secara nasional.

Baca Juga:   Pelabuhan Port Klang Malaysia Dibuka, WNI di Malaysia Sudah Bisa Pulang

“Prestasi yg telah kita capai ini wajib kita syukuri. Klaster Utama bukan hanya kerja keras LPPM melainkan hasil nyata dari jerih payah semua pihak terutama semangat dosen untuk meniliti,” ungkapnya.

Menurutnya, semangat dosen dalam mengejar luaran hasil penelitian seperti jurnal nasional terkreditasi, internasional terindeks, buku, dan hak cipta. Beliau pun berpesan agar prestasi ini tidak membuat dosen terlena melainkan harus tambah giat agar tahun berikutnya UNA bisa masuk klaster mandiri.

LPPM UNA pun mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Yayasan UNA sebagai pengelola UNA yang telah mendanai segala bentuk penelitian dan luara dosen. Begitu juga dengan pihak rektorat yang telah membimbing dan mendukung penuh kegiatan LPPM.

Baca Juga:   GAPKI dan IPB Sepakat Kembangkan Sawit Berkelanjutan

Klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 didasarkan pada hasil olahan data kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA dalam periode tahun 2019 hingga 2021. Data kinerja yang diperhitungkan merupakan data yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh verifikator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) perguruan tinggi.

Data kinerja tersebut meliputi penulis (author), afiliasi (affiliation), jurnal (journal), penelitian (research), pengabdian kepada masyarakat (community service), kekayaan intelektual (intellectual property rights), dan buku (book). (MS10)