Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
ArtikelBisnisEkonomiHeadlineSumut

Kredit Cerdas Bersama FIFGROUP: Ikuti Saja Prosesnya, Nikmati Keuntungannya

×

Kredit Cerdas Bersama FIFGROUP: Ikuti Saja Prosesnya, Nikmati Keuntungannya

Sebarkan artikel ini
Literasi dan edukasi tentang keuangan sangat mencerahkan dan mencerdaskan masyarakat dalam memilih instrumen keuangan

Ada banyak pilihan yang tersedia saat ini bagi masyarakat dalam mendapatkan kemudahan memperoleh dana segar dari perusahaan pembiayaan. Perusahaan pembiayaan berlomba-lomba menawarkan suku bunga bersaing, persyaratan yang mudah dan proses pencairannya sangat cepat.

Oleh : James P Pardede

Salah satu perusahaan pembiayaan yang sudah tidak asing di negeri ini adalah PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial turut mendukung kebangkitan ekonomi kreatif masyarakat dan memberikan solusi untuk segala kebutuhan pembiayaan.

FIFGROUP menawarkan solusi kredit cerdas dan bijaksana melalui 5 brand pelayanan pembiayaannya, yaitu FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, dan AMITRA. Mau punya motor Honda baru ada FIFASTRA yang akan mewujudkannya, mau ganti gadget, elektronik dan perabotan rumah tangga ada SPEKTRA yang siap mendahulukannya, kalau butuh modal untuk pendidikan, kesehatan, renovasi rumah atau kebutuhan mendesak lainnya ada kredit multiguna melalui DANASTRA. Butuh modal pengembangan usaha mikro juga bisa melalui FINATRA. Dan yang terakhir adalah punya keinginan beribadah ke tanah suci, beli emas dan paket umrah bisa jadi kenyataan dengan pembiayaan syariah dari AMITRA.

Dari banyaknya pilihan yang disuguhkan FIFGROUP dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan solusi pembiyaan, Fitri Koto salah seorang pegawai swasta yang berkeinginan untuk memiliki sepeda motor memanfaatkan pembiayaan FIFASTRA.

“Pada awalnya saya merasa agak takut tidak di-ACC karena baru pertama kali mengajukan pembiayaan pembelian sepeda motor. Saya memilih sepeda motor jenis Beat Street untuk kebutuhan kendaraan operasional pergi dan pulang bekerja di salah satu perusahaan pengadaan barang-barang kosmetik,” paparnya.

Dengan keyakinan penuh, Fitri Koto yang sudah lama menjanda memberanikan diri untuk mendapatkan impiannya memiliki sepeda motor. Dengan down payment sekitar 4 juta dan cicilan bulanannya di kisaran Rp 800 ribuan, Fitri akhirnya bisa membawa pulang sepeda motor dan digunakan dalam menunjang aktivitasnya mengantar jemput anaknya ke sekolah.

Baca Juga:   Saran Dokter Reisa: Kunci Keberhasilan Melawan Covid-19 Adalah Kebersamaan

“Kalau kita ikuti prosesnya dengan pelan-pelan tapi pasti, keuntungan yang sangat besar sesungguhnya sudah kita peroleh. FIFASTRA yang mendahulukan uangnya, dan kita tinggal melunasinya secara mencicil. Dan, alhamdulillah sepeda motor yang saat ini saya pakai sudah milik sendiri dan sudah lunas,” kenangnya.

Fitri Koto menceritakan, kalau dulu dia tidak memberanikan diri untuk mengajukan pembiayaan sepeda motor ke FIFASTRA, mungkin sampai hari ini ibu dari 3 anak ini tidak akan memiliki keberanian memiliki sepeda motor sendiri.

“Ketika kita ikuti prosesnya dengan bersyukur dan terus berusaha, alhamdulillah keuntungan yang kita peroleh sesungguhnya sangat besar. Berapa besar biaya yang bisa kita simpan dengan bantuan kendaraan operasional hasil jerih payah kita sendiri. Kalau berhitung dengan ongkos angkutan umum atau ojek online setiap hari, jika dikumpulkan sebulan bisa jutaan rupiah, sementara cicilan yang ditawarkan hanya ratusan ribu rupiah,” tandasnya.

Berbeda dengan Nelly Gustina seorang ibu rumah tangga di Medan, yang memanfaatkan produk kredit multiguna DANASTRA karena desakan kebutuhan harus menyambung pembayaran kontrak rumah.

“Kebetulan sekali waktu itu sepeda motor yang kami kredit dari FIF sudah lunas dan dengan keyakinan penuh buku hitam (BPKB) motor yang kami punya ‘disekolahkan’ lagi untuk mendapatkan dukungan dana menyambung kontrakan rumah,” paparnya.

Setelah berdiskusi dengan tim dari FIF untuk mendapatkan kredit multiguna, Nelly Gustina sepakat dengan suaminya yang bekerja di salah satu perusahaan swasta mengajukan kredit Rp 5 juta dengan limit pembayaran selama satu tahun.

Pada saat pencairan kredit, kenang Nelly ia dan suami langsung membayarkan kontrakan rumah. Proses yang cepat dari FIF telah membantu Nelly dan keluarga bisa tidur nyenyak di rumah yang mereka kontrak. Satu masalah terselesaikan, tinggal mengikuti proses kredit berjalan, membayar cicilan setiap bulan dan akhirnya bisa menyelesaikan semua kewajiban.

Baca Juga:   Penjualan Online Meningkat di Normal Baru

“Bagi kami, kredit multiguna dari FIF ibarat air di padang gurun, menjadi solusi cerdas dan bijaksana dalam menyelesaikan masalah, kontrakan rumah tempat kami berlindung dari panas dan hujan bisa terselesaikan untuk jangka waktu satu tahun,” tandasnya.

Lebih lanjut Nelly menyampaikan, solusi yang diberikan FIF telah mengajari kita untuk bijaksana dalam memilih instrumen pembiayaan yang benar-benar memberikan kemudahan dan keramahan bagi konsumennya. Ada banyak keuntungan yang diperoleh dengan adanya solusi cerdas dari pembiayaan yang ditawarkan DANASTRA.

Apa yang dirasakan Fitri Koto dan Nelly Gustina menjadi gambaran bahwa masyarakat masih sangat membutuhkan bantuan dana walaupun bentuknya kredit multiguna atau kredit dengan bunga kompetitif. Daripada mereka harus meminjam uang kepada rentenir dengan bunga yang sangat besar, FIFGROUP dalam situasi ini menjadi solusi cerdas dan bijaksana bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

LITERASI KEUANGAN

Menyikapi masih banyaknya masyarakat yang ‘kurang’ paham bagaimana proses pengajuan kreditnya dan masih adanya pemahaman yang salah terhadap kredit menjadikan pelaku industri keuangan harus lebih selektif dan berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat agar bijak dan cerdas dalam memilih instrumen keuangan.

Industri jasa keuangan memiliki peran penting dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan tidak hanya bergantung pada peran sektor keuangan itu sendiri, tetapi juga pada pemahaman dan kesiapan finansial masyarakat yang menjadi bagian penting dari ekosistem yang berjalan.

Hasil dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 menunjukkan perkembangan positif, dengan indeks literasi keuangan Indonesia mencapai 49,68%, meningkat signifikan dari angka 38,03% pada tahun 2019.

Meskipun terdapat peningkatan, masih ada sebagian masyarakat Indonesia yang belum memiliki pemahaman yang memadai mengenai karakteristik dan peraturan berbagai produk serta layanan di sektor jasa keuangan. Perkembangan pesat dan digitalisasi di industri keuangan telah menciptakan sistem keuangan yang semakin kompleks dan dinamis.

Baca Juga:   Peringatan May Day 2022, Bupati Darma Wijaya : Tetap Jaga Martabat Kaum Buruh Sebagai Gerakan yang Produktif

Oleh karena itu, upaya bersama antara pemerintah, lembaga keuangan, organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta dalam meningkatkan literasi dan pemahaman keuangan masyarakat Indonesia menjadi sangat esensial.

Pemahaman masyarakat tentang literasi keuangan menjadi salah satu fondasi yang harus diperkuat, agar masyarakat dapat berperilaku bijak dan dapat mengambil keputusan finansial dengan tepat, terutama dalam lingkungan keuangan yang terus berubah.

Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya menyampaikan bahwa literasi keuangan kepada masyarakat adalah bukti komitmen serius dari regulator, seperti OJK dan para pemangku kepentingan serta pelaku usaha jasa keuangan seperti FIFGROUP sebagai upaya bersama dalam mendukung peningkatan literasi keuangan bagi masyarakat Indonesia untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan mendalam kepada masyarakat tentang keuangan.

Keseriusan FIFGROUP dalam mengedukasi masyarakat lebih melek dengan hal keuangan telah menorehkan berbagai prestasi yang membanggakan. Dalam ajang Indonesia Motorcycle Show Plus (IMOS) 2023 yang diselenggarakan pada 25 – 29 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten berhasil mencatatkan target sebesar 107% dan berhasil membukukan nilai transaksi sebesar Rp6,2 miliar atau lebih besar 6,9% dari target yang ditetapkan.

Proses kredit dan keuntungan yang didapatkan Fitri Koto serta Nelly Gustina dari FIFGROUP adalah contoh kecil dari jutaan orang yang telah merasakan manfaat dari kredit kepemilikan sepeda motor dan kredit multiguna. Tidak hanya buruh, pekerja, guru, pegawai swasta, ASN, bahkan pembantu rumah tangga pun ada yang sudah merasakan manfaatnya.

Seperti kata Fitri Koto, ikuti saja prosesnya, bersyukur dan berusaha serta nikmati keuntungannya. Solusi pembiayaan dari FIFGROUP menjadi pilihan untuk mendapatkan kredit cerdas dan bijaksana.