Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Medan

Libur Lebaran, Pelayanan Kesehatan Tetap Berjalan

×

Libur Lebaran, Pelayanan Kesehatan Tetap Berjalan

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Pelayanan kesehatan di Medan tetap berjalan di masa libur Idulfitri 1444 H. Selain di puskesmas, petugas kesehatan Dinas Kesehatan Kota Medan juga tergabung da membuka posko di berbagai titik maupun pusat keramaian.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Medan, Dr. Helena Rugun, mengatakan, Dinas Kesehatan melalui Unit Pelaksana Teknis Puskesmas se-Kota Medan tetap melayani melalui pelayanan kesehatan.

“Walaupun di hari libur, sebanyak 41 puskesmas di Medan tetap melakukan pelayanan kesehatan,” ujarnya, Jum’at (28/4/2023).

Selain di puskesmas, para tenaga medis di puskesmas juga melakukan pelayanan di semua titik Posko Lebaran di Kota Medan. Dalam hal ini, lanjutnya, pihaknya berkolaborasi antara lain dengan aparat kepolisian dan dinas perhubungan.

Baca Juga:   Datangkan Noe Row, Dinas Kominfo Medan Latih Remaja Medan Buat Konten Kreatif`

“Di Posko ini, selain antisipasi pertolongan pertama pada korban kecelakaan juga memberikan pengobatan darurat pada yang membutuhkan. Dan di Posko ini juga kita sediakan obat-obatan,” ujarnya.

Yang jelas, lanjutnya, libur Idulfitri ini tidak menganggu pelayanan kesehatan, termasuk untuk keadaan darurat seperti diare. Dia menambahkan, obat-obatan juga dalam keadaan tersedia. Apalagi memang untuk obat-obatan yang rutin seperti untuk hipertensi, gula, jantung dan lain-lain sudah diberikan.

“Memang untuk penyakit-penyakit berkelanjutan, kita berikan obat sekali sebulan,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kecenderungan penyakit pada masa Lebaran ini hipertensi maupun naiknya kadar gula.

“Mungkin karena pengaruh lifestyle. Selama Lebaran mungkin lupa atau lalai dengan aturan-aturan, makan minum mungkin berlebihan” sebutnya.

Baca Juga:   Gubernur Edy Rahmayadi Apresiasi Vaksinasi Massal di Kejati Sumut

Dalam kesempatan itu, Rugun mengingatkan, warga tentang cuaca yang tengah ekstrim saat ini, yang kadang bisa panas, bisa hujan. Dia juga mengingatkan warga juga tetap mengonsumsi air putih, terutama dalam kondisi cuaca panas.

“Hindarilah berpergian kalau tidak  mulai pukul 11.00 sampai 16.00 WIB. Itu kan panasnya luar biasa. Dan kalau memang ada gejala yang tidak bisa diatasi, segeralah berkunjung ke pelayanan kesehatan,” pesannya. (MS7)