Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Sumut

Masuki Tahun ke 13, FJPI Berbagi Dilakukan Bersama Anak Yatim dan Warga Desa Tandem Hilir

×

Masuki Tahun ke 13, FJPI Berbagi Dilakukan Bersama Anak Yatim dan Warga Desa Tandem Hilir

Sebarkan artikel ini

MEDAN – Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumatera Utara kembali menggelar FJPI Berbagi tahun 2024. Namun, tahun ini berbeda dari biasanya. Selain membagikan paket sembako kepada masyarakat kurang mampu atau duafa, kegiatan FJPI Berbagi yang rutin dilakukan setiap tahunnya juga membagikan paket sembako kepada anak yatim.

Untuk FJPI Berbagi Bersama anak yatim, kegiatan dilakukan di Grha XL Medan, Sabtu (30/3/2024) malam. Sedangkan FJPI Berbagi kepada masyarakat kurang mampu atau duafa dilakukan di Desa Tandem Hilir I, Kecamatan Hamparan Perak, Deli Serdang pada Minggu (31/3/2024).

Ketua FJPI Sumut Nurni Sulaiman menyebutkan, kegiatan FJPI Berbagi Bersama Anak Yatim berjalan sukses berbagi dengan menghadirkan 30 anak dari Pondok Pesantren Bayt ALQuran Al Mubarok.

“Kegiatan berlanjut di hari Minggu (31/3/2024) berbagi sembako dengan duafa di Desa Tandem Hilir, Deli Serdang,” ucapnya.

Baca Juga:   Dinkes Sergai Susun BOK dan Jampersal di Seluruh Puskesmas

Nurni menuturkan kegiatan FJPI Berbagi tahun ini dilakukan pada dua wilayah agar santunan yang terkumpul bisa tersebar, tidak hanya di wilayah Kota Medan saja. Sehingga, berkah Ramadan menyebar. Kali ini, sambungnya, Tandem Hilir di pilih sebagai wilayah penyebaran santunan sembako`atas kesepakatan bersama.

“Di Tandem kita tidak membuat kegiatan seremoni seperti di Grha XL lagi, namun memberikan sembako door to door ke rumah warga. Kita bagikan ke Tandem karena ada anggota FJPI yang tempat tinggalnya di Tandem Hilir,” tukasnya.

Dijelaskan Nurni, melalui FJPI Berbagi di Bulan Ramadhan, FJPI menawarkan Paket Berkah yang berisi uang transportasi dan sembako seharga Rp 200.000 untuk dibagikan kepada anak yatim dan duafa. Untuk paket sembako Rp 200.000, rinciannya, terdiri dari, Rp150.000 untuk paket sembako dan Rp 50.000 uang transportasi.

“Alhamdulillah, tahun ini sekitar 50 paket dapat kita salurkan untuk anak yatim dan duafa, sehingga tahun-tahun yang akan datang kegiatan baik ini masih terus berlanjut,” terangnya.

Baca Juga:   Diduga Terlibat Prostitusi, Artis FTV Ini Diamankan Di Medan

Sementara Koordinator FJPI Berbagi Bersama Anak Yatim, Mahbubah Lubis mengatakan, kegiatan berbagi yang digelar FJPI diharapkan bisa menginspirasi, memotivasi dan memberikan manfaat bagi semua, terutama kepada anggota FJPI.

“Ahlamdulillah, selain sedekah dari jurnalis, kita masih diberikan kepercayaan dari beberapa mitra pendukung acara. MTXL dan XL Axiata yang memberikan izin memakai public room sebagai lokasi kegiatan berbagi, juga dukungan financial. Termasuk dukungan dari UMSU, Rumah Zakat, Citraland Tanjung Morawa, Pertamina Patra Niaga dan Rumah Sakit Columbia Asia Medan,” jelasnya.

Mahbubah pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara FJPI Berbagi ini.

“Semoga kita semua diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menjalani ibadah puasa. Marilah kita jalani Ramadan dengan penuh kegembiraan, kebersyukuran dan keikhlasan,” pungkasnya.

Baca Juga:   Sektor Jasa Keuangan di Sumut Tetap Stabil Ditengah Pandemi Covid-19

Sementara itu, di Desa Tandem Hilir, pembagian paket sembako kepada masyarakat kurang mampu dilakukan dari rumah ke rumah. Mayoritas penerima paket sembako merupakan janda yang sudah lanjut usia (lansia), namun masih produktif mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Ada yang menjual sayur masak, penjual kue keliling, penanam padi di sawah milik orang lain, asisten rumah tangga dan pekerja serabutan. Masyarakat penerima paket sembako juga tampak bahagia saat tim dari FJPI yang tiba-tiba mendatangi rumah dan memberikan bantuan paket sembako.

“Senang sekali rasanya didatangi dan diberikan paket sembako seperti ini, soalnya jarang-jarang kita menerimanya. Apalagi ini sangat membantu, terima kasih ya, mudah-mudahan yang memberikan bantuan murah rezeki dan mendapatkan berkah,”ucap Purwatik salah satu warga penerima paket sembako. (MS7)