Berita Sumut Sumut

Monitoring ke Nias Utara, Nawal Lubis Ajak Implementasikan Mars PKK

NIAS UTARA – Ketua Tim Penggerak Permberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak pengurus PKK Kabupaten Nias Utara untuk mengimplementasikan Mars PKK dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya tentang hidup gotong-royong, makmur pangan dan sandang, rumah sehat sentosa.

Hal ini disampaikan Nawal Lubis saat melakukan Monitoring Desa Pelaksana Pencatatan Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Aula Kantor Desa Banua Sibohou II, Kecamatan Alasa, Kabupaten Nias Utara, Selasa (13/9)

Nawal menjelaskan gotong-royong merupakan salah satu ciri khas budaya bangsa Indonesia. Karenanya melalui Dasawisma yang ada di setiap desa, diharapkan untuk saling membantu. “Jika saling bergotong-royong tingkat kemiskinan dan angka stunting bisa kita tekan bersama,” harap Nawal Lubis.

Makmur pangan dan sandang dengan memanfaatkan pekarangan rumah dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga melalui program Aku Hatinya PKK, yang merupakan singkatan dari Amalkan, Kukuhkan, Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman, diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan untuk ditanami tanaman produktif, tanaman toga maupun sayuran sehingga bernilai ekonomis dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Nawal juga berharap, agar TP PKK di semua tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi kader PKK dan kelompok Dasawisma, karena di kelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan gerakan PKK.

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega menyampaikan, bahwa gerakan PKK merupakan gerakan nasional yang memiliki peran penting dan strategis. Karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi kedatangan Tim Monitoring Provinsi Sumut, dengan harapan, bisa memberikan ide, saran dan gagasan, sehingga termotivasi untuk mengembangkan desa-desa di Kabupaten Nias Utara, sesuai dengan potensi yang dimiliki.

Sementara Ketua TP PKK Nias Utara Arismanwati Amizaro Waruwu dalam laporannya mengatakan berbagai kegiatan pembinaan yang sudah dilakukan dalam menyukseskan 10 Program Pokok PKK, maka diharapkan desa terutama desa binaan PKK akan dapat lebih maju, sehat dan mandiri.

Disampaikan juga TP PKK Kabupaten Nias Utara telah turun ke lapangan melaksanakan monitoring dan evaluasi, serta menetapkan pemenang pada kategori Hatinya PKK, yaitu Juara 1 Desa Banuasibohou II, Kecamatan Alasa, Juara II Desa Fabaliwa Oyo, Kecamatan Tugala Oyo, dan Juara III Desa Umbubalodano, Kecamatan Sitolu Ori.

Sedangkan untuk pemenang kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK adalah Juara 1 Desa Ombolata Afulu, Kecamatan Afulu, Juara II Desa Lawira I, Kecamatan Lotu, Juara III Desa Onozalukhu, Kecamatan Lahewa.

Turut hadir Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Suherman, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Hendra Dermawan Siregar, Sekretaris TP PKK Sumut Reza Lubis, beserta pengurus PKK Sumut dan Kabupaten Nias Selatan.