Berita Sumut Headline Sumut

Parlindungan Purba Hadiri Pesta Parolopolopon 70 Tahun HKBP Gunungsitoli

GUNUNGSITOLI-Jemaat gereja HKBP Resort Gunungsitoli merayakan pesta parolopolopon 70 tahun berdirinya gereja HKBP Gunungstoli, Minggu (7/8/2022).

Acara pesta dihadiri antara lain oleh Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt Dr Deonal Sinaga, tokoh masyarakat Sumut Dr Parlindungan Purba, Sekda Pemko Gunungsitoli Drs Oimonaha Waruwu, Ketua GAMKI Gunungsitoli Karya S Batee MAP serta perwakilan undangan gereja tetangga, GBKP, GKPS, GKPI, BNKP dan gereja lainnya.

Pdt Boy Togarma Sihombing (pendeta resort HKBP Gunungsitoli) dan Pdt Tody P Lumban Tobing (pendeta Resort Persiapan HKBP Telukdalam) menjadi pemimpin ibadah.

Pdt Deonal dalam kotbahnya mengutip nats Mazmur 50:1-6 dan mengajak seluruh jemaat dan undangan merenungkan sejarah berdirinya HKBP di Pulau Nias yang menjadi cikal bakal HKBP Gunungsitoli.

Dr. Parlindungan Purba, SH,MM

“Berdirinya HKBP di Pulau Nias didasari kerjasama antar suku dan golongan. Semangat dan perjuangan dimulai dari kelompok kecil serta diinisasi banyak orang termasuk warga yang bukan HKBP, namun satu dalam Kristus” jelasnya.

Dia pun mengajak jemaat meneladani sosok baik pada 70 tahun lampau, sehingga apapun yang menjadi pergumulan dan perjuangan akan dapat terwujud.

Acara dilanjutkan pembacaan sejarah HKBP Gunungsitoli oleh St M Hutasoit. Dijelaskan, tahun 1952 sejumlah PNS berasal dari Tapanuli secara bergantian menjadi tuan rumah persekutuan doa. Selanjutnya para jemaat memprakarsai berdirinya gereja HKBP.

Ketua Panitia Pesta Parolopolopon, Budi Silaban SE menyampaikan terimakasih atas respon seluruh jemaat, terutama para undangan dalam mengikuti acara hingga selesai.

Sementara Parlindungan Purba, tokoh masyarakat Sumut berharap HKBP Gunungsitoli terus memberikan yang terbaik dalam pelayanan kerohanian, serta selalu meningkatkan tali silaturahmi terhadap gereja gereja lain, sehingga benar benar semua satu di dalam Kristus.