Berita Sumut Headline Sumut

Pemkab Sergai Terima Bantuan Air Bersih Untuk Korban Bencana Banjir

SEI RAMPAH – Sehari setelah menerima kunjungan kerja dan melakukan pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dengan Komisi V DPR RI, lewat komunikasi yang terjalin dengan apik, sinergi antara program pemerintah pusat ke daerah terus berjalan. Khususnya dalam penanganan bencana alam banjir yang tengah melanda Kabupaten Sergai dipenghujung tahun 2022.

Hasil aspirasi yang terserap oleh Komisi V DPR RI dalam pembahasan dipertemuan tersebut, hari ini Sabtu, (17/12/2022) mulai terealisasi.

“Melalui Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR telah menurunkan bantuan berupa  air bersih kepada korban bencana banjir,” ungkap Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal AP M.Si disela-sela rutinitasnya di Kecamatan Perbaungan.

Ia menambahkan jika Tim Cipta Karya saat ini sudah di lokasi yang terdampak bencana dan direncanakan untuk hari ini akan melakukan pemasangan air bersih di 4 (empat) titik.

“Menurut data dari Plt Kalak BPBD Sergai Frist Damanik, 4 titik tersebut yauitu; 1 unit di Dusun 9 Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, 1 unit di Dusun 4 Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah, serta 2 unit di Dusun 14 dan 16 Desa Sukadamai Kecamatan Sei Bamban,” terang Akmal sembari menambahkan jika Tim Cipta Karya juga bersedia untuk melakukan penambahan titik lokasi penempatan air bersih.

Kadis Kominfo Akmal menambahkan, Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air, melalui Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatra II dalam pertemuan dengan DPR RI kemarin juga telah memberikan tanggapan bahwa akan segera memberikan bantuan alat berat untuk melakukan normalisasi Sungai Belutu.

Lebih lanjut disampaikan Akmal, terkait dengan penanganan banjir, Pemkab Sergai juga terus berupaya semaksimal mungkin.

” Meskipun Pemkab Sergai memiliki batasan kewenangan sesuai dengan peraturan yang berlaku, namun pak Bupati Darma Wijaya dan Wabup Adlin Tambunan tak lantas menyerah pada kondisi dan aktif mencari alternatif, berupaya sekuat tenaga mencari solusi dalam mengatasi banjir. Salah satunya adalah menjalin sinergi dengan Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Sergai lewat program normalisasi sungai,” beber Akmal.

Terakhir, Akmal berharap agar seluruh pihak terkait dapat memberi solusi terbaik bagi permasalahan penanganan banjir yang berlarut di Sergai, tutupnya sambil mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam mengatasi permasalahan banjir. (MS8)