Berita Sumut Headline Medan Sumut

PKM Politeknik Negeri Medan Berdayakan Ekonomi Masyarakat Bagan Deli Lewat Pengembangan Media Hidroponik

MEDAN-Politeknik Negeri Medan merupakan salah satu institusi yang ada di Sumatera Utara melaksanakan Program PKM yang dilaksanakan baik dosen maupun mahasiswa yang mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya dibangku kuliah juga aplikasi hasil-hasil riset yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa.

Dalam beberapa tahun terakhir mahasiswa Politeknik Negeri Medan melaksanakan Program PKM dan memberikan manfaat bagi Kelurahan atau Kelompok Masyarakat tersebut menjadi lebih Mandiri. Politeknik Negeri Medan memberikan kontribusi dalam banyak hal khususnya ilmu pengetahuan dan inovasi yang terkini dalam pencapaian menjadi Desa Mandiri yang dapat mengelola Sumber Daya Alam dan Manusia yang ada di Kelompok Masyarakat tersebut.

Pada Kesempatan ini Tim PKM yang diketuai oleh Rina Walmiaty Mardi, SE, MSi Ak berasal dari Prodi Perbankan dan Keuangan Jurusan Akuntansi, dengan aggota Asmalidar, SE, MSi dari Prodi Perbankan dan Keuangan Jurusan Akuntansi, Indra Siregar., SE, MSi Ak dari Prodi MICE Jurusan Administrasi Niaga dan Susilawaty SE, MSi Ak dari Prodi Akuntansi Jurusan Akuntansi melaksanakan pengabdiaannya pada Lingkungan Empat Lorong Mesjid Gang Iman Kelurahan Bagan Deli Belawan dengan Tema Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat melalui Pengembangan Media Hidroponik, yang dilaksanakan Kamis, 24 November 2022.

Sebelumnya TIM melakukan survey dan mewawancarai masyarakat disekitar lingkungan tersebut untuk mengetahui permasalahan dan kesulitan masyarakat disana.

“Selama ini masyarakat disana mempunyai waktu luang yang tidak produktif dan mereka ingin sekali membantu perekonomian keluarga. Maka tim kita memilih PKM di Lingkungan Empat Lorong Mesjid Kelurahan Bagan Deli Belawan, ” kata Rina Walmiaty Mardi.

Tim PKM memberikan pelatihan pengembangan media tanam hidroponik, lanjut Rina. Kemudian dirangkai dengan pelatihan manajemen, pemasaran dan keuangan. Tujuannya untuk membantu dalam meningkatkan penghasilan dimana hasil dari tanaman hidroponik ini dapat di konsumsi sendiri dan dapat dijual untuk menambah penghasilan masyarakat dan juga membantu Program Pemerintah untuk menjadikan masyarakat Tanggap Bencana melalui Media Tanam Hidroponik.