Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Sumut

Program Pasukan Merah Sergai Hingga Ketingkat Desa

×

Program Pasukan Merah Sergai Hingga Ketingkat Desa

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com| SERGAI- Pasukan Merah yang merupakan program Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai, Adlin Umar Yusri Tambunan saat ini sudah memasuki tingkat desa.

Salah satunya Desa Pasar Baru Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai. Dua petugas pasukan merah sudah dikerahkan membersihan drainase hingga jalan sampai pengutipan sampah ketingkat dusun.

“Hari ini program Bupati Sergai dalam melibatkan dua petugas pasukan merah ketingkat desa. Kedua petugas pasukan merah sudah melakukan kebersihan hingga pengutipan sampah hingga ketingkat dusun,” ucap Kepala Desa Pasar Baru, Suryadi, Senin (12/7/2021).

Menurut Rudi, petugas pasukan merah merupakan petugas tenaga honorer pemerintah desa Pasar baru yang digaji dengan menggunakan dana desa.

Baca Juga:   Meriahkan Hari Anak Nasional 2022, Bunda PAUD Sumut Buka Festival Menggambar dan Mewarnai

“Selain itu, kita juga memfasilitasi becak bermotor pengangkut sampah yang juga melalui anggaran dana desa. Ini merupahkan misi kita sebelum pencalonan menjadi Kepala Desa yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa ( RPJMDesa). Alhamdulillah Seperti Mobil Ambulance, hingga petugas kebersihan sudah terlaksana,” sebutnya.

Dalam pengutipan sampah setiap dusun, kata Suryadi, tidak dikenakan biaya, karena biaya minyak maupun kerusakaan kendaraan sudah ditanggung pemerintah desa .

“Selain itu, kita juga sudah memfasilitasi alat penampung sampah yakni, karung goni yang dibagikan ke rumah warga. Untuk itu, kita juga akan melakukan penghijauan di desa Pasar Baru, teparnya di sepanjang jalan menuju desa Pasar Baru seperti, tanaman sayuran, bunga dan lainya,”pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Sumiatik (55), warga Dusun III Desa Pasar Baru mendukung kinerja pemerintah desa tentang adanya petugas kebersihan yang setiap hari melakukan pengutipan sampah hingga ketingkat dusun.

“Saya selaku warga Dusun III sangat mendukung apa yang dilakukan pemerintah desa Pasar Baru tentang adanya petugas kebersihan, karena selama kendala masyarakat terkait soal sampah,”ucap Sumiatik.

Baca Juga:   Pemkab Asahan Janji Sediakan Lahan Perkuburan di Kecamatan Pulau Rakyat

Sebelumnya, Bupati Sergai Darma Wijaya mengatakan, pasukan merah tersebut berada di bawah kendali Dinas Lingkungan Hidup dan bertugas berkeliling untuk melaksanakan kebersihan. Pasukan merah ini diharapkan menjadi salah satu langkah Pemkab Sergai untuk mewujudkan Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat yang bersih.

“Total yang direkrut sebanyak 50 orang. Namun 30 orang ini yang kami gerakan terlebih dahulu. Sisanya menyusul,” katanya belum lama ini.

Selain itu, Bupati juga akan membentuk dua orang petugas kebersihan di tingkat desa. Dengan begitu, maka total petugas kebersihan yang akan direkrut sebanyak 536 orang.

“Jika pasukan ini digerakkan secara serentak, Sergai pasti lebih baik. Petugas desa jangan ke kabupaten. Begitu juga sebaliknya. Kalau sekali serentak semua, saya yakin perubahan itu akan nampak dan terasa untuk rakyat,” ujarnya. (MS6)

Baca Juga:   KPK Tinjau Kantor Pelayanan PMPTSP Pemko Medan