Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Nasional

Revitalisasi Pasar PON Trenggalek Dukung Pemulihan Ekonomi Lokal

×

Revitalisasi Pasar PON Trenggalek Dukung Pemulihan Ekonomi Lokal

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com|JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) telah menyelesaikan revitalisasi Pasar PON di Trenggalek, Jawa Timur. Konstruksi Pasar PON dibangun dengan konsep bangunan gedung hijau di atas lahan seluas 12.000 m2 dan luas bangunan 5.800 m2 dengan dana APBN tahun anggaran 2020 sebesar Rp73,8 miliar.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan rehabilitasi pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis (tidak kumuh).

Percepatan penyelesaian infrastruktur pasar tersebut dilakukan untuk distribusi kebutuhan pokok, terutama bahan pangan pada masa pandemi Covid-19. Selesainya revitalisasi pasar tersebut diharapkan menjadi sarana pendorong percepatan pemulihan ekonomi lokal yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga:   Tangkap Djoko Tjandra, Polri dan Kejaksaan Harus Bersinergi

“Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakkan sektor rill atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” ujar Menteri Basuki, Rabu (10/2/2021).

Sebagai informasi, pasar PON mulai dibangun Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya sejak 10 Januari 2020 setelah rusak terbakar pada tahun 2018. Konstruksi bangunan pasar saat ini telah selesai 100% dan telah diserahkelolakan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Selasa (09/02/2021).  (MS7)