Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
HeadlinePendidikan

Ribuan Mahasiswa Baru UISU Ikuti Pengenalan Kampus

×

Ribuan Mahasiswa Baru UISU Ikuti Pengenalan Kampus

Sebarkan artikel ini

Medan, Mediasumutku.com– Ribuan mahasiswa dan mahasiswi baru Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) mengikuti PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) di Kampus UISU Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (9/9/2019). Kegiatan itu diikuti oleh para mahasiswa baru itu dengan sangat antusias.Terbukti, mulai pukul 08.30 WIB mereka sudah berkumpul di lokasi acara PKKMB.

Rektor UISU Dr Yanhat Jamaluddin MAP menyebutkan, yang mengikuti PKKMB berjumlah 1.235 mahasiswa baru, terdiri dari 120 orang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum, 150 mahasiswa Agama Islam, 225 mahasiswa Fakultas Ekonomi, 48 mahasiswa Fakultas Sastra serta 72 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pelaksanaan PPKMB itu sendiri baru dimulai seusai hujan deras, yakni sekitar pukul 08.30 WIB, di halaman Kampus UISU. Menurut Yanhat Jamaluddin, PKKMB direncakan akan berlangsung selama 3 hari, mulai 9 – 11 September. Dalam acara itu, Kepala Dinas pendidikan Kota Medan, Marasutan, turut hadir mewakili Walikota Medan Dzulmi Eldin.

Baca Juga:   Kejatisu Lakukan 2 Penyelidikan Terkait Pemberantasan Mafia Tanah di Sumut

Yanhat Jamaluddin berpesan agar para mahasiswa harus mampu memahami lingkungan yang baru seperti saat ini, sebab telah terjadi proses peralihan dari kehidupan pembelajaran SMA ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Para mahasiswa dan mahasiswi baru Universitas IslamSumatera Utara (UISU) mengikuti acara PKKMB, Senin (9/9/2019).

“Mahasiswa baru haruslah mampu memahami lingkungan serta dapat beradaptasi secepat mungkin dengan lingkungan yang baru ini. Saat ini telah terjadi peralihan pembelajaran dari SMA ke perguruan tinggi. Ingat, pembelajaran di perguruan tinggi sangat berbeda dengan SMA,” kata Yanhat.

Selain itu, kata dia, mahasiswa juga harus mampu menguasai dan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama berada di UISU untuk dapat dipergunakan sebaik-baiknya kepada masyarakat, sehingga ilmu tersebut berguna. Karenanya, Yanhat berpesan agar para mahasiswa baru nantinya belajar dengan maksimal.

Baca Juga:   Tertarik dengan Sistem Penggemukan Sapi, UISU Undang Bupati Sergai Isi Kuliah Umum

“Semua ilmu yang kalian peroleh selama di perkuliahkan harus dapat diaplikasikan di tengah masyarakat. Jadi belajarlah dengan sebaik-baiknya sehingga kalian akan menguasai ilmu yang diberikan. Di samping itu melalui PPKMB yang dilakukan ini, kita harapkan dapat meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air dan juga cinta UISU ke depannya,” harapnya.

Selain pengenalan seluruh civitas akademikan UISU dan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru, PPKMB juga rencanaya akan menghadirkan sejumlah pembicara, diantaranya Ketua Umum Yayasan UISU, Anggota DPD RI Ivan Iskandar Batu Bara, Ketua BEM UISU, Pangdam I/BB serta Kapolda Sumut.(MS1/MS1)