Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Ekonomi

Rupiah Spot Diramalkan Bakal Menguat

×

Rupiah Spot Diramalkan Bakal Menguat

Sebarkan artikel ini

mediasumut.com | JAKARTA – Di perdagangan kemarin ditutup melemah tipis, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS untuk perdagangan Selasa (15/10) diprediksi menguat. Sentimen utama penyokong penguatan masih dari eksternal.

Melansir Bloomberg, kurs rupiah ditutup di level Rp 14.140 per dolar AS, melemah 0,01% dibanding akhir pekan lalu yang ada di Rp 14.138 per dolar AS.

Berdasarkan rupiah di kurs tengah Bank Indonesia ada di Rp 14.126 per dolar AS, menguat 0,09% dibanding akhir pekan lalu yang ada di Rp 14.139 per dolar AS.

Menurut Ekonom Bank BCA David Sumual mengungkapkan, rupiah pada perdagangan Senin (14/10) tidak bergerak banyak, koreksi sangat tipis sekali. Ini terjadi lantaran pasar tengah menunggu beberapa data ekonomi domestik seperti neraca perdagangan yang diprediksi masih akan defisit.

Baca Juga:   Hadiri Rakernas Ke-2 IMA, Mendag: Pemasaran Harus Go Virtual

Dari sentimen eksternal, perkembangan negosiasi perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China dianggap berhasil memberikan sentimen positif.

Untuk itu, pada perdagangan besok, rupiah diperkirakan belum akan bergerak banyak.

“Sentimen besok, tidak ada berita baru. Kemungkinan masih menunggu perkembangan geopolitik di Timur Tengah yang akan mempengaruhi harga minyak global. Sedangkan data eksternal belum ada yang menarik,” ujar David.

Ia memproyeksi, rupiah Selasa (15/10) bakal berada di kisaran Rp 14.110 per dollar AS hingga Rp 14.170 per dollar AS, dengan kecenderungan menguat tipis.