Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
EkonomiHeadline

Rupiah Spot Menguat Tipis 0,02%

×

Rupiah Spot Menguat Tipis 0,02%

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | JAKARTA – Meski melemah tipis pada pembukaan perdagangan, kurs rupiah spot menguat. Senin (14/10) pukul 8.33 WIB, kurs rupiah spot berada di Rp 14.135 per dolar Amerika Serikat (AS).

Rupiah spot menguat tipis 0,02% jika dibandingkan dengan posisi akhir pekan lalu pada Rp 14.138 per dolar AS. Dalam sepekan, rupiah menguat 0,20%.

“Rupiah bergerak dalam kisaran sempit dan relatif kurang responsif terhadap negosiasi AS-China jika dibandingkan dengan mata uang Asia Utara,” kata Terence Wu, FX strategist OCBC Singapura kepada Bloomberg. Dia menambahkan bahwa jika ada hasil positif negosiasi dagang, rupiah akan tetap diuntungkan meski hanya tipis.

Dia memperkirakan, kurs rupiah akan menguat mendekati Rp 14.000 dalam jangka pendek.

Baca Juga:   IHSG Diramalkan Bakal Menguat

Penguatan rupiah ini terjadi meski dolar AS cenderung menguat terhadap mata uang utama dunia. Pagi ini, indeks dolar AS menguat ke 98,44.

Mayoritas mata uang Asia pun menguat menyambut kesepakatan parsial perdagangan antara AS dan China. Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa AS dan China mencapai kesepakatan fase 1. Kesepakatan ini akan dikukuhkan dalam lima pekan ke depan.

Trump mengatakan bahwa kesepakatan bisa runtuh pada periode tersebut. Tapi, dia mengungkapkan keyakinan bahwa kesepakatan ini akan berlanjut.