Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Ekonomi

Salurkan Pembiayaan ke UMKM, CIMB Niaga Kolaborasi dengan Fintech Batumbu

×

Salurkan Pembiayaan ke UMKM, CIMB Niaga Kolaborasi dengan Fintech Batumbu

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com|MEDAN- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mendukung pengembangan bisnis di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), salah satunya dengan menggandeng PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu).

Perusahaan tersebut merupakan financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang bergerak di bidang pembiayaan UMKM dan telah resmi memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan.

Melalui kolaborasi ini, CIMB Niaga akan menyalurkan pembiayaan dengan skema berbasis channeling untuk tagihan dagang (invoice financing) dari para pelaku UMKM menggunakan digital platform milik Batumbu.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan, di tengah kondisi saat ini, kolaborasi antara perbankan dengan fintech merupakan strategi yang tepat bagi kedua belah pihak untuk terus mengembangkan bisnis.

Baca Juga:   Januari 2020, Ekspor Sumut Alami Kenaikan Sebesar 6,76 Persen

Dalam hal ini, bank dan fintech perlu mengedepankan sinergi yang saling menguntungkan, bukan berkompetisi. Dengan demikian, keduanya dapat berkembang bersama-sama dan saling melengkapi sesuai keunggulan
masing-masing.

“CIMB Niaga menyambut baik kemitraan dengan Batumbu. Bagi kami, kerja sama ini adalah bagian dari strategi untuk meningkatkan efisiensi karena skema penyaluran pembiayaan dilakukan oleh mitra (Batumbu), tentunya dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mengacu kepada kriteria penilaian kredit yang berlaku di CIMB Niaga,” kata Tony, Selasa (29/6/2021).

Melalui kolaborasi ini, pihaknya dapat lebih fokus mengembangkan usaha sesuai dengan keahlian utama kami. Sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset, kerja sama ini sekaligus memperkuat peran CIMB Niaga, khususnya dalam pembiayaan di sektor UMKM.

Baca Juga:   Periode April 2021, Sebagian Produk Pertambangan Alami Kenaikan

“Melalui fintech, CIMB Niaga dapat menjangkau nasabah-nasabah baru yang belum tersentuh pembiayaan perbankan, sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia sesuai arahan dari regulator dan pemerintah,” ujarnya. (MS11)