Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
PlayPause
previous arrow
next arrow
HeadlineHukrimMedanSumut

Sejarah Baru Kejati Sumut Siapkan Panggung Aspirasi dan Demokrasi Untuk Masyarakat dan Mahasiswa

×

Sejarah Baru Kejati Sumut Siapkan Panggung Aspirasi dan Demokrasi Untuk Masyarakat dan Mahasiswa

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | MEDAN – Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menyampaikan aspirasi di Halaman kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara terkait permasalahan-permasahalan pelanggaran hukum yang mereka temukan di lapangan. Aksi mahasiswa ini mendapat tempat khusus dari Kejati Sumut, karena aksi mereka digelar di Halaman Depan Kantor Kejati Sumut di sediakan Panggung Aspirasi dan Demokrasi Kejati Sumut, Kamis (20/5/2021).

Aksi mahasiswa yang tergabung dalam PMII Medan ini sekaligus sebagai kelompok pertama yang menggunakan Panggung Aspirasi dan Demokrasi Kejati Sumut sekaligus launching pengggunaan panggung Aspirasi & Demokrasi di halaman depan kantor Kejati Sumut dengan tetap mengedepankan penerapan protocol kesehatan.

Koordinator Lapangan PMII Iskandar Dongoran menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kajati Sumut yang memberikan tempat bagi mahasiswa dalam berorasi dan menyampaikan Pernyataan sikap dalam Unras.

Baca Juga:   Kapolres Sergai Berikan Bantuan Korban Banjir di 5 Posko Pengungsian

“Hidup mahasiswa! Hidup mahasiswa! Kami dari kelompok mahasiswa PMII mengapresiasi apa yang dilakukan Kejati Sumut. Semoga dengan adanya panggung ini kami bisa lebih maksimal dalam menyampaikan aspirasi kami dan semoga apa yang kami suarakan benar-benar ditindaklanjuti aparat penegak hukum, yang dalam hal ini Kejati Sumut,” tandas Iskandar Dongoran.

Asintel Kejati Sumut DR Dwi Setyo Budi Utomo didampingi Kasi Penkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian menyampaikan, Panggung Aspirasi dan Demokrasi Kejati Sumut yang disediakan khusus kepada masyarakat Sumatera Utara, khususnya kepada mahasiswa maupun organisasi mahasiswa untuk Berunjuk rasa sert melakukan orasi, menyampaikan aspirasinya secara bebas dan bertanggungjawab.

“Penyediaan Panggung Aspirasi dan Demokrasi ini menjadi salah satu terobosan Kejati Sumut dalam menampung aspirasi masyarakat secara transparan dan terbuka. Semua laporan, aspirasi dan statement yang disampaikan dibuat secara tertulis, kemudian diserahkan kepada petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk kemudian ditindaklanjuti,” kata Dwi Setyo Budi Utomo.

Baca Juga:   Buron 12 Tahun, Tim Kejati Sumut Tangkap SFH Di Padang Lawas

Secara terpisah, Kajati Sumut IBN Wiswantanu menyampaikan bahwa Panggung Aspirasi dan Demokrasi adalah apresiasi Kejati Sumut kepada masyarakat dan mahasiswa yang ingin menyampaikan aspirasinya.

“Panggung Aspirasi dan Demokrasi ini menjadi tempat terbuka bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya secara terbuka dan transparan. Laporan tertulisnya bisa diserahkan lewat PTSP. Laporan tersebut bisa dikawal oleh masyarakat apakah sudah ada tindak lanjutnya atau belum. Kita akan berlaku transparan dalam penanganannya,” papar Kajati Sumut.

Mantan Direktur Penuntutan Pidsus Gedung Bundar Kejagung RI ini menambahkan, dengan adanya panggung ini kita harapkan ke depan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas, tidak mengganggu aktivitas masyarakat lainnya dan tidak menghalangi pegawai di lingkungan kerja tempat aksi demo berlangsung.

Baca Juga:   JNE Bertanggungjawab Penuh Kepada Warga Terdampak Kebakaran di Cimanggis Depok