Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Pendidikan

Sosialisasi SNPMB 2024, USU Sediakan Daya Tampung 7.505 Kursi

×

Sosialisasi SNPMB 2024, USU Sediakan Daya Tampung 7.505 Kursi

Sebarkan artikel ini

MEDAN – Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar Sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 dengan menghadirkan para Kepala Sekolah, Guru, Bimbingan Konseling serta siswa-siswi yang ada di Kota Medan. Sosialisasi ini diadakan di Auditorium USU, pada Selasa (16/1/2024).

USU sendiri membuka 49 program studi (prodi) sarjana, dengan daya tampung 7.505 kursi yang meliputi tiga jalur penerimaan, yakni SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan Mandiri.

Sementara untuk daya tampung program sarjana terapan, Universitas Sumatera Utara akan membuka 7 prodi dengan daya tampung sebanyak 635 kursi, serta program Diploma-4 dan Diploma-3 yang membuka masing-masing 7 program studi dengan daya tampung sebanyak 535 kursi.

Selain itu, juga tersedia 2 prodi PSDKU Nias Utara. Tahun ini USU menyediakan daya tampung sekurang-kurangnya 20% untuk jalur SNBP, serta SNBT sebesar 40%. Informasi lebih lanjut terkait penerimaan mahasiswa bisa diakses di laman https://penerimaan.usu.ac.id.

Baca Juga:   USU Raih Penghargaan Badan Publik Informatif di Anugerah KIP 2021

Sosialisasi SNPMB bertujuan memberikan pengarahan dan pembimbingan bagi setiap sekolah dan siswa Kelas 12 dalam memahami jalur masuk perguruan tinggi yang terdiri dari 3 jalur yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Mandiri.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Kealumnian, Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.A., menyampaikan, bahwa USU memiliki jalur tambahan dalam penerimaan mahasiswa baru yaitu salah satunya jalur Seleksi Berbasis Prestasi Unggul (SBPU).

“Di mana jalur penyaringan calon mahasiswa ini dikhususkan bagi para calon mahasiswa yang memiliki bakat akademik maupun non-akademik,” ungkap Edy Ikhsan.

Dikatakannya,setiap sekolah harus memberikan bimbingan, arahan serta dukungan kepada para siswa-siswinya dalam memilih Fakultas dan Jurusan yang sesuai sehingga nantinya bisa lolos dalam tahap seleksi.

Baca Juga:   144 Mahasiswa UNA Lolos Program Kampus Mengajar dan Pertukaran Mahasiswa

“Tingkat kompetisi yang cukup tinggi dan keketatan program studi itu harus betul-betul dijadikan data, jadi tidak hanya asal pilih tapi lihat peluang kursi dan keketatan tahun-tahun sebelumnya yang itu bisa menjadi pijakan,” jelasnya.

Sementara Kepala Badan Evaluasi Program Prioritas USU, Ikhsan Siregar, S.T., M.Eng., menjelaskan, pada jalur SNBT menjadi yang paling ketat di seleksi ini. Ia juga berpesan agar para siswa ketika mendaftar untuk tidak mengikut teman dan bersungguh-sungguh terhadap pilihannya.

“Dalam memilih program studi itu betul-betul yang diminati. Jadi jangan hasil ikutan dari kawan, dengar-dengar program studi yang suka dari kawan, atau dari paksaan orang tua,” terangnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I Pemprovsu August Sinaga, S.Pd., S.ST, M.A.P, mengatakan, sosialisasi ini bermanfaat bagi Kasek dan Guru BK agar dapat merencanakan peningkatan dan pelayanan pembelajaran dengan berpusat kepada peserta didik dan sesuai dengan sumber daya yang ada di satuan pendidikan.

Baca Juga:   Lompatan Prestasi USU Terkemuka di Asia

“Terima kasih dan apresiasi kepada Rektor USU yang terus bersinergi dan berkolaborasi membangun pendidikan di Sumut,” ujarnya.

Sebagai informasi, Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) saat ini tengah memasuki proses tahapan. Adapun tahapannya dimulai sejak 28 Desember 2023 yakni Pengumuman Kuota Sekolah, dilanjutkan dengan 28 Desember 2023 – 17 Januari 2024 Masa Sanggah Kuota Sekolah, 08 Januari 2024 – 08 Februari 2024 Registrasi Akun SNPMB Sekolah, 08 Januari – 15 Februari 2024 Registrasi Akun SNPMB Siswa, 09 Januari – 09 Februari 2024 Pengisian PDDS, 14-28 Februari 2024 Pendaftaran SNPB dan 26 Maret 2024 Pengumuman Hasil SNBP.(MS7)