Medan

Tim Dokter Fokus Tingkatkan Keadaan Umum Bayi Atresia Billier

MEDAN-Kesehatan merupakan salah satu program prioritas Walikota Medan Bobby Nasution. Oleh karenanya, Bobby Nasution terus memantau perkembangan kondisi bayi perempuan berusia tujuh bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah yang menderita Atresia Bilier.

Bayi penderita Astresia Billier ini merupakan anak dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, telah dibawa dan dirawat di RS Adam Malik pada tanggal (7/10) kemarin guna penanganan kesehatan lebih lanjut.

Bobby Nasution dan istrinya, Kahiyang Ayu telah menjenguk dan memberikan semangat pada kedua orang tua bayi penderita Astresia Billier. Saat ini perkembangan kesehatan bayi terus dipantau oleh Tim Dokter dan Dinas Kesehatan Kota Medan berkolaborasi dengan pihak RS Adam Malik.

“Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan terus memantau perkembangan kesehatan bayi penderita Astresia Billier yang saat ini dirawat di RS Adam Malik,” kata Bobby Nasution, kemarin.

Dijelaskan Bobby Nasution, komunikasi terus dilakukan dengan tim dokter untuk kesembuhan bayi penderita Astresia Billier Aiyla Adisty Hidayah.  Berdasarkan keterangan tim dokter, penyakit Aiyla bisa ditangani dengan cara tranplantasi hati. Namun, itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat.

“Kata tim dokter penanganan Bayi penderita Astresia Billier harus dilakukan transplantasi hati. Ini bukan hanya soal biaya, kalau  biaya ada, namun pendonor untuk ditransplantasikan harus dicari dulu,” jelas Bobby.

Bobby menambahkan, untuk transplantasi hati tidak bisa sembarangan. Selain mencari pendonor hati, hal lain adalah harus mendapatkan persetujuan kedua orang tua bayi.

“Orang tua belum memutuskan, kemarin kita sudah diskusi sama orang tua dan dokter. kami masih menunggu,” ujar Bobby Nasution.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan dr Mardohar Tambunan, menjelaskan saat ini Bayi penderita Astresia Billier terus ditangani. para dokter masih terus meningkatkan keadaan umumnya, sebab saat dibawa ke RS Adam Malik keadaan umumnya tidak bagus kemarin. Artinya keadaan umum ini standarnya baik itu gizi dan nutrisinya.

“Astresia Billier yang diderita bayi Ini merupakan penyakit bawaan lahir, sehingga ada organ tubuh yang tidak ada di dalam tubuh penderita. Oleh karenanya kita fokus agar organ yang ada berfungsi dengan baik, sehingga keadaan umumnya juga akan membaik,” kata Mardohar.

Dr Mardohar Tambunan menambahkan, jika mau dilakukan tindakan besar atau operasi, harus hasil pertimbangan dokter spesialis dan persetujuan orang tua. Sebab Astresia Billier ini termasuk penyakit yang jarang.

Artinya, lanjutnya, jika mau dilakukan operasi ada ketentuannya. Diantaranya, jika umur anak masih 2 bulan atau 3 bulan akan lebih mudah penanganannya, namun saat ini penderita sudah memasuki umur 7 bulan sehingga harus dilakukan operasi baik itu transplantasi hati, membuat saluran atau memasukkan alat kesehatan ke dalam tubuhnya.

“Jika dilakukan transplantasi hati maka hal yang kita utamakan dahulu pendonor hati. Namun, hal tersebut juga harus mendapatkan izin dari orang tua bayi.  Kita tetap terus memantau perkembangan bayi penderita Astresia Billier tersebut,” jelas Mardohar. (MS7)