Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlineSumut

Tingkatkan Kualitas “Sergai Dalam Angka 2023”, Pemkab Sergai-BPS Gelar FGD

×

Tingkatkan Kualitas “Sergai Dalam Angka 2023”, Pemkab Sergai-BPS Gelar FGD

Sebarkan artikel ini

SEI RAMPAH- Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, menghadiri penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) Pembinaaan Statistik Sektoral Peningkatan Kualitas Data Sergai Dalam Angka 2023. Acara ini dilaksanakan di Aula Sultan Serdang, Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Senin (20/2/2023).

Pada sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekdakab, Bupati Sergai menyampaikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) yang bertugas mengumpulkan data statistik dasar, statistik sektoral dan statistik khusus.

Ia menjelaskan, statistik dasar dikumpulkan oleh BPS melalui berbagai kegiatan seperti survei dan sensus, statistik sektoral dikumpulkan yang bersumber dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/instansi terkait, BUMN/BUMD, Badan, Perusahaan dan instansi vertikal lainnya.

Baca Juga:   Tujuh Perpustakaan di Serdang Bedagai Telah Terakreditasi Perpusnas RI

“Semua data ini disusun dan disajikan dalam “Sergai Dalam Angka” yang menyajikan data-data kondisi suatu daerah secara lengkap dalam periode waktu tertentu. Dalam penyusunan Daerah Dalam Angka di suatu daerah diperlukan peran aktif Pemerintah Daerah Karena delapan puluh persen data yang disarikan bersumber dari luar BPS yaitu OPD, BUMN/BUMD, Perusahaan dan instansi lainnya, dan hanya dua puluh persen saja data yang bersumber dari BPS,” ujar Bang Wiwik, sapaan akrabnya.

Pada pelaksanaan penyusunan publikasi tahun ini, dirinya menyebut, sebagai bukti koordinasi yang kuat dalam ketepatan dan kepatuhan jadwal rilis publikasi “Sergai Dalam Angka” yang akan diterbitkan tanggal 28 Februari 2023, BPS melakukan inovasi dan pembaharuan dalam waktu percepatan jadwal rilis.

Baca Juga:   Hujan di Sertai Angin, 2 Unit Rumah Warga di Tanjung Beringin Diterjang Angin Kencang

Masih lanjut Bupati, kegiatan FGD ini adalah untuk evaluasi, sinkronisasi, dan konfirmasi data sektoral dan data perusahaan lainnya dalam pensusunan Publikasi “Sergai Dalam Angka 2023”.

“Tahapan ini dilakukan untuk melihat kewajaran data dan sekaligus mengevaluasi data yang sudah lengkap masuk ke BPS dan yang belum, mengingat waktu penyelesaiannya sudah dekat yaitu 24 Februari 2023,” tandas Bang Wiwik.

Sementara itu Sekdakab Sergai Faisal Hasrimy menjelaskan kegiatan FGD ini dilakukan untuk mempermudah pengumpulan data menuju Satu Data Indonesia (SID). Koordinasi antar dinas/badan sangat diperlukan sehingga pengumpulan data menjadi tepat waktu.

“Kegiatan FGD tahun 2023 ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk menyatukan persepsi dan meminta saran dan masukan yang baik dari dinas/instansi mengenai data yang akan disajikan dalam publikasi Sergai 2023, sehingga berguna bagi para pengguna data,” papar Faisal.

Baca Juga:   Kapolres Sergai Hadiri Bakti Sosial Sunat Massal dan Pengobatan Gratis

FGD kali ini menghadirkan narasumber yaitu Kepala BPS Sergai Marine Sohadi Angkat, S.Si, M.Si, Kepala Dinas Kominfo Drs. H. Akmal, AP, M.Si, dan Kepala Bappedalitbang Sergai Rusmiani Purba, SP, M.Si. Hadir dalam kegiatan ini perwakilan 39 dinas/instansi dan pihak BPS. (MS8)