Pendidikan

USU Juara Satu Baca Puisi dan Komik Strip, Juara Dua Vokal Grup di PEKSIMINAS XVI UB Malang

MEDAN-Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil meraih Juara 1 untuk Tangkai Lomba Membaca Puisi Putra dan Komik Strip serta Juara 2 untuk kategori Tangkai Lomba Vocal Grup di ajang Pekan Seni  Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XVI Tahun 2022 yang digelar di Universitas Brawijaya, Kota Malang, Jawa Timur. Perlombaan itu sendiri digelar sejak 25 Oktober 2022 hingga 28 Oktober 2022.

Menanggapi hal itu, Rektor USU Dr Muryanto Amin, mengapresiasi atas capaian yang diraih mahasiswa USU di ajang PEKSIMINAS XVI.

“Selamat kepada para pemenang yang telah membawa nama harum USU di event nasional. Terima kasih juga kepada para delegasi mahasiswa USU yang telah tampil membawa nama USU. Semua mahasiswa USU yang tampil di PEKSIMINAS XVI adalah juara,” ujarnya.

Rektor menjelaskan, perolehan prestasi dalam kompetisi PEKSIMINAS bagi USU sebagai tanda bahwa mahasiswa USU memiliki talenta seni dan budaya.

“Kita perlu melakukan pembinaan secara serius bagi unit kegiatan mahasiswa yang memiliki talenta seni dan budaya,” tegasnya.

Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, SH, MA yang hadir ke Malang bersama Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE., M.Si serta Sekretarisnya Rahma Yurliani, SPsi, MPsi, Psikolog memberikan ucap selamat kepada para juara yang telah membawa nama harum USU, apresiasi juga disampaikan atas keterampilan serta penampilan maksimal yang  telah dilakukan mahasiswa USU di setiap tangkai lomba.

“Ini awal yang bagus, dan ke depan pembinaan prestasi mahasiswa kita akan terus dilakukan, agar prestasi-prestasi mahasiswa kita dapat terus berkelanjutan,” ujarnya.

Edy Ikhsan menjelaskan, ke depan akan dilakukan suatu pola pembinaan yang bertingkat nilai dari prodi, fakultas, hingga universitas yang akan dikoordinasi  langsung oleh Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Kealumni USU.

“Jadi nanti akan ada Puspresnas tingkat fakultas, sehingga akan terbangun koordinasi dan dari situ kita berharap akan ada prestasi-prestasi  sustainable yang diraih USU,” jelas WR I.

Direktur Direktorat Prestasi Mahasiswa dan Hubungan Kealumnian USU Doli Muhammad Jafar Dalimunthe SE., M.Si menambahkan bahwa memberi kesempatan mahasiswa USU untuk tampil dalam event besar merupakan Tupoksi Ditamawalumni sehingga akan berfokus membina kreativitas mahasiswa agar mampu mengubah paradigma serta meningkatkan karakter mahasiswa USU.

“Fokus kita ke depan akan terus seperti itu, seperti kata Pak WR tadi ada Puspresnas Universitas, ada tingkat fakultas. Kami juga berharap dukungan dari Pak Rektor dan Wakil Rektor untuk tahun depan kita akan lebih bisa banyak lagi meningkatkan volume pengiriman delegasi mahasiswa,” ucap Doli.

Koordinator Official USU Prof. Drs. Mauly Purba, M.A., Ph.D., menjelaskan BPSMI Sumatera Utara sendiri mengirimkan 36 peserta yang berasal dari 5 universitas untuk 17 tangkai perlombaan. USU menjadi delegasi terbanyak dengan 27 mahasiswa untuk berlomba di tangkai lomba Fotografi Hitam Putih, Dangdut, Seriosa, Vokal Grup, Tari, Monolog, Membaca Puisi Putra dan Putri, Menulis Puisi, Menulis Naskah, Komik Strip dan Melukis.

BPSMI Sumatera Utara selain membawa pulang juara untuk puisi, komik strip dan vocal grup juga berhasil meraih Juara 2 untuk lomba kategori dangdut yang diwakili mahasiwa Polmed dan Juara 2 untuk lomba kategori menulis cerpen yang diwakili mahasiswa Unimed.

Selain 27 delegasi, USU juga turut memberangkatkan pelatih dan official di antaranya Arifninetriosa, SST, MA, Bambang Riyanto, SS, MSi, Rahayu, SSos, Mukhlis Win Aryoga, SS dan Rizal Tatarang, SS.

Sebagai informasi, PEKSIMINAS XVI secara total diikuti 838 mahasiswa dari 123 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Prof Abdul Hakim, Ketua Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Jawa Timur mengatakan jika kebijakan kampus merdeka mendorong mahasiswa tidak hanya unggul bidang akademik tapi juga kreatif atau soft skill.

PEKSIMINAS adalah wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemamapuan mahasiswa di berbagai bidang seni. Misalkan di sastra, tari, menyanyi, dan bidang kreatif lainnya. Lewat kengiatan ini, lanjutnya, mahasiswa bisa meningkatkan prestasi untuk memperkaya budaya bangsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika.

Dijelaskan dia, ratusan mahasiswa ini merupakan mahasiswa terpilih yang sudah lolos dalam event serupa di tingkat provinsi masing-masing. Ada sebanyak 15 tangkai lomba yang dilaksanakan dalam PEKSIMINAS ini. Meliputi lomba baca puisi, desain poster, fotografi hitam putih dan bewarna, melukis, lomba membuat komik, menyanyi dangdut, keroncong, menyanyi lagu pop, menyanyi seriosa, monolog, menulis cerpen, lakon, puisi, tari, dan vocal beregu. Mahasiswa berbagai perguruan tinggi ini berasal dari 32 provinsi. (MS7)