Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Pendidikan

USU Kukuhkan Dua Orang Guru Besar Tetap 

×

USU Kukuhkan Dua Orang Guru Besar Tetap 

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | MEDAN – Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, mengukuhkan dua orang Guru Besar Tetap yang berasal dari Fakultas MIPA dan Fakultas Kedokteran, bertempat di Gelanggang Mahasiswa USU. Keduanya adalah Prof Dr Kerista Sebayang, MS dan Prof Dr dr Ridha Dharmajaya, Sp BS (K).

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut Pangdam I/BB Mayjend TNI M.S Fadhillah, Konsulat Jenderal Singapore, Richard Groose, Deputi BKKBN Dr Abidin Syah Siregar, DHSM, M Kes dan Wali Nanggroe Aceh T Malik Mahmud. Juga terlihat beberapa orang Guru Besar dari FK UI, FK UNAIR, FK Udayana, FK UNPAD, FK UNDIP dan FK UPH.

Pengukuhan Guru besar Tetap USU ditandai dengan pemberian dan pengalungan medali Guru Besar dari Ketua Dewan Guru Besar USU Prof Dr dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp PD, KGEH, kepada Prof Dr Kerista Sebayang, MS dan Prof Dr dr Ridha Dharmajaya, Sp BS (K).

Baca Juga:   Besok Siswa Mulai Masuk Sekolah

Prof Dr Kerista Sebayang, MS, dalam kesempatan itu memaparkan pidato pengukuhannya yang berjudul Produksi Bionanokomposit Berbasis Nano Serat Selulosa Dengan Grafena Berbahan Baku Grafit Dari Sawahlunto Sumatera Barat Sebagai Penguat. Sementara Prof Dr dr Ridha Dharmajaya, Sp BS (K), menghadirkan pidato pengukuhan yang berjudul Human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2), Mitogen-Activated Protein Kinase (MAPK) Dan Heregulin Sebagai Faktor Prognosis Rekurensi Meningioma Intrakranial.

Dalam sambutannya, Rektor USU memberikan ucapan selamat atas pengukuhan keduanya dan berharap agar dosen-dosen lain dapat mengikuti jejak yang sama. Disampaikannya bahwa dengan pengukuhan tersebut, maka jumlah Guru Besar USU hingga saat ini berjumlah 182 orang Guru Besar, dengan perincian 138 orang Guru besar yang berstatus PNS, sementara Guru Besar Tidak Tetap Non PNS berjumlah 44 orang.

Baca Juga:   Rektor USU Paparkan Materi Equality Opportunity for All di Ajang QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2022

“Pada awal kepemimpinan kami di tahun 2016, jumlah Guru Besar USU hanya 141 orang Guru Besar saja. Jumlah tersebut meningkat pada tahun 2017 dengan pertambahan sebanyak 39 orang Guru Besar, sehingga jumlah keseluruhan Guru besar yang dimiliki USU pada tahun 2017 sebanyak 180 orang Guru Besar. Jumlah tersebut menurun di tahun 2018 menjadi 171 orang sebagai akibat dari wafat dan pensiunnya beberapa orang Guru Besar. Dan pada 2019 ini jumlah Guru Besar seluruhnya ada 182 orang,” kata Prof Runtung.

Kepada kedua Guru besar yang baru dikukuhkan, Rektor mengharapkan agar keduanya dapat menghasilkan karya-karya yang baik serta bermanfaat bagi Universitas Sumatera Utara khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia umumnya, juga bagi masa depan kehidupan manusia dan seluruh makhluk hidup secara keseluruhan. Di mana hal itu juga akan secara otomatis dapat meningkatkan nama baik dan peringkat Universitas Sumatera Utara di jajaran perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Baca Juga:   750 Mahasiswa ITB Diminta Diam di Asrama Kampus

Prosesi pengukuhan Guru Besar Tetap USU diikuti oleh Ketua dan Anggota Majelis Wali Amanat USU, Ketua dan Anggota Senat Akademik USU, Ketua dan Anggota Dewan Guru Besar USU, para Pimpinan Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah dan Swasta serta Mitra Kerjasama USU, para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Sekolah Pascasarjana, Staf Ahli dan Tenaga Ahli Rektor, Kepala Biro, Pimpinan Lembaga dan Unit Kerja di lingkungan USU.