Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
ArtikelPendidikanReligi

Wah! Ternyata Menambah Pahala di Bulan Suci Ramadhan Sangat Mudah

×

Wah! Ternyata Menambah Pahala di Bulan Suci Ramadhan Sangat Mudah

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com – Bulan Ramadhan adalah Bulan yang sangat baik untuk melakukan segala amal kebaikan. Seluruh umat muslim akan melakukan kebaikan sebanyak-banyaknya untuk mendapat keberkahan dan ridho-Nya.

Hal tersebut tentunya harus dilakukan dengan niat tulus karena Allah, bukan karena duniawi semata seperti ingin dipuji.

Berbagai anjuran dari Rasulullah agar dapat menjalani ibadah puasa sebaik mungkin. Bagaimana caranya? Yuk simak dulu rangkuman informasinya dari mediasumutku.com berikut:

1. Memperbanyak Doa di Bulan Ramadhan

Puasa merupakan sarana umat muslim mendekatkan diri dengan Allah SWT. Orang yang berpuasa akan memperbanyak berdoa dan mendekatkan diri kepada-Nya.

“Ada di bulan Ramadhan di setiap hari dan malam orang-orang kepada siapa Allah memberikan kebebasan dari Api, dan ada untuk setiap Muslim permohonan yang dia dapat membuat dan akan diberikan.” Al-Bazzar dan Ahmad.

2. Bersedekah

Baca Juga:   Mengisi Libur Sekolah dengan Wisata Berobat di Penang

Jangan ragu untuk bersedekah di bulan Ramadhan. Hal ini tidak akan membuat rugi dan justru akan mendatangkan banyak berkah. Banyak sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dari memberi santunan pada fakir miskin dan anak yatim piatu. Selain itu, memberi senyum dan senang membantu orang lain.

3. Memberi makan orang yang berpuasa

Salah satu amalan penuh pahala di bulan Ramadhan adalah menyiapkan hidangan berbuka puasa atau memberi makan orang yang berpuasa. Termasuk juga menyiapkan hidangan untuk sahur. Rasulullah Saw bersabda:

“Setiap kebaikan adalah sedekah, dan di antara bentuk kebaikan adalah kamu berjumpa saudaramu dengan wajah yang menyenangkan, dan kamu menuangkan air dari embermu ke dalam bejana milik saudaramu (HR Muslim, Tirmidzi, Ibnu Hibban dan Ahmad).

4. Shalat wajib 5 waktu

“Puasa sehari di bulan Ramadhan lebih afdhal dari puasa di seribu hari lainnya. Begitu pula satu bacaan tasbih (berdzikir “subhanallah”) di bulan Ramadhan lebih afdhal dari seribu bacaan tasbih di hari lainnya. Begitu juga pahala satu raka’at shalat di bulan Ramadhan lebih baik dari seribu raka’at di bulan lainnya.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 270). Lakukan shalat tepat waktu setelah adzan selesai agaer menjadi kebiasaan baik yang terus lanjut setelah Ramadhan, kalahkan rasa malas dan kebiasaan menunda nunda kebaikan.

Baca Juga:   Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dewan Pendidikan Padangsidimpuan Gelar Lokakarya

5. Tadarus

Tadarus atau membaca Alquran memiliki kemuliaan besar di bulan Ramadan. Membaca satu huruf Alquran akan diberikan sepuluh kebaikan. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadisnya, yang berbunyi, “Nabi Muhammad saw: puasa dan Alquran keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…,” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

6. Menahan Hawa Nafsu

Hindari segala sesuatu yang berhubungan dengan nafsu seperti berbicara buruk tentang orang lain, berprasangka buruk, bermalas malasan, menunda nunda dalam melakukan ibadah, dan pelit dalam sedekah. Lakukan dari hati dengan tulus niat karena Allah dan niat memperbaiki diri agar pahala bertambah selama bulan Ramadhan.

7. Memperbanyak Dzikir

Bulan Ramadhan, seluruh waktu memiliki kemuliaan. Dari pagi hingga malam hari. Maka dari itu perbanyaklah berdzikir dan mohon ampun kepada Allah. Allah pernah berfirman di Alqur’an surat Al-Dzaariyat ayat 18, yang artinya: – Beristighfar di waktu sahur, seperti yang Allah firmankan, “Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Al-Dzaariyat: 18)

Baca Juga:   Polisi Minta Tokoh Masyarakat Bantu Jaga Kamtibmas

Demikian informasi tentang pahala di bulan Ramadhan yang bisa bermanfaat untuk kita semua. Mari kita berlomba-lomba untuk berbuat baik demi mengejar tambahan pahala puasa di bulan Ramadhan ini!