Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlinePerkebunan & PertanianSumut

Walikota Serahkan Bibit Cabai Kepada Kelompok Tani di Padangsidimpuan Hutaimbaru

×

Walikota Serahkan Bibit Cabai Kepada Kelompok Tani di Padangsidimpuan Hutaimbaru

Sebarkan artikel ini

PADANGSIDIMPUAN-Salah satu upaya menekan inflasi, Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dinas Pertanian terus mendorong pertanaman, perluasan lahan dan juga penyerahan bibit kepada para kelompok tani.

Hari ini, Kamis (16/02) Walikota Padangsidimpuan, Irsan Efendi Nasution, SH, MM didampingi Kepala Dinas Pertanian, Edi Darwan dan Camat Padang Sidempuan Hutaimbaru Cecep Rahmat, menyerahkan bibit cabai kepada 5 Kelompok Tani yang ada di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru sekaligus melaksanakan panen perdana bawang merah di lahan Gapoktan Satahi Saroha Kelurahan Sabungan Jae.

Dalam arahannya, Walikota Irsan Efendi menyampaikan dirinya sangat berbahagia dan bersyukur mendengar akan ada panen bawang merah di Kelurahan Sabungan Jae, hal itu dikarenakan inflasi pada Januari 2023 mencapai 1,16% menurut data Badan Pusat Statistik Padangsidimpuan.

Baca Juga:   Warga Tebingtinggi Diimbau Waspadai Covid-19

“Salah satu penyumbang inflasi kita agak tinggi adalah bawang merah, tapi harapannya dengan panen yang sebentar lagi kita laksanakan bisa menopang konsumsi di Padang Sidempuan sehingga harganya mampu menahan harga di pasar” ucap Walikota.

Dalam kesempatan itu, Walikota Irsan menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Kota Padang Sidempuan sedang melaksanakan operasi pasar “gerakan pangan murah” di dua lokasi, dengan harapan hal itu dapat menekan inflasi pada Februari ini.

Kemudian, Walikota berharap petani bawang di Padang Sidempuan dapat mengembangkan nya secara mandiri, baik dari pasokan dan juga benihnya.

“Sehingga pada saat kebutuhan konsumsi bawang merah meningkat di hari-hari besar seperti Ramadhan dan idul Fitri nanti kita dapat memenuhinya” harap Walikota Irsan.

Baca Juga:   Eks Pedagang Pasar Lelo di Relokasi ke Pasar Rakyat, Omsetnya Meningkat

Turut hadir, mewakili Kejari Padang Sidempuan, Bhabinsa, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas Kominfo, Kepala Bagian Prokopim dan tokoh masyarakat Kelurahan Sabungan Jae. (MS12)