Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Kesehatan

Warga Desa Huta Padang Antusias Sambut Kehadiran BPJS Keliling

×

Warga Desa Huta Padang Antusias Sambut Kehadiran BPJS Keliling

Sebarkan artikel ini

Asahan – BPJS Kesehatan Kisaran kembali menyapa masyarakat secara langsung melalui BPJS Keliling. Tetapi kali ini konsep yang ditawarkan agak berbeda. Jika sebelumnya pelayanan BPJS Keliling ada di mobil yang bisa berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya, kali ini BPJS Keliling membuka layanan administrasi di Balai Desa Huta Padang yang termasuk ke dalam daerah administrasi Kecamatan Bandar Pasir Mandoge di Kabupaten Asahan, Rabu (24/04).

Friska Manurung, Perangkat Desa Huta Padang tidak lupa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BPJS Kesehatan Kisaran karena telah memilih Desa Huta Padang sebagai salah satu desa yang ada di Kabupaten Asahan yang dihadiri oleh BPJS Keliling.

“Kami senang sekali ketika pegawai BPJS Kesehatan Kisaran mengubungi saya dan memberikan kabar kalau desa kami akan dikunjungi untuk kegiatan BPJS Keliling. Sebenarnya banyak sekali warga kami yang memang membutuhkan bantuan untuk administrasi Program JKN ini, hanya saja karena kendala jarak serta warga juga masih harus bekerja jadi banyak yang urusannya tertunda. Tapi syukurlah kali ini BPJS Keliling yang mendatangi kami,” tuturnya.

Baca Juga:   TP PKK Sumut Gelar Baksos Salurkan 200 Paket Sembako di Pasar Petisah

Sugimin, salah satu warga Desa Huta Padang juga tidak mau ketinggalan momen ini. Melalui layanan BPJS Keliling ini, Sugimin kembali mendaftarkan diri menjadi Peserta JKN setelah sebelumnya kepesertaannya dan keluarganya sempat tidak aktif.

“Hari ini saya kembali mendaftar menjadi Peserta JKN. Sebelumnya saya dan keluarga didaftarkan menjadi tanggungan dari Badan Usaha saya bekerja, tetapi saya sudah berhenti bekerja jadi kepesertaannya tidak aktif lagi. Saya menyadari bahwa perlindungan jaminan kesehatan itu penting sekali, itu sebabnya saya kembali mendaftar menjadi peserta. Kita tidak akan pernah tau kapan penyakit akan datang, rasanya kita juga nggak bisa taksir berapa biaya yang dibutuhkan. Itu sebabnya menjadi Peserta Program JKN sudah merupakan sebuah keharusan,” ujarnya.

Baca Juga:   5 Warga Sergai Positif Covid-19 & 6 Orang Dinyatakan Sembuh

Melalui BPJS Keliling ini, peserta JKN dapat memanfaatkan layanan untuk beberapa kebutuhan administrasi di antaranya layanan pendaftaran peserta, perubahan segmen kepesertaan, perubahan data kepesertaan, penggantian lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), registrasi Aplikasi Mobile JKN hingga pemberian informasi seputar Program JKN.

Ditemui pada kesempatan yang berbeda, Sri Widyastuti selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kisaran menyampaikan bahwa kehadiran layanan BPJS Keliling bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada peserta JKN maupun masyarakat yang belum menjadi peserta untuk mengakses layanan Program JKN dengan lebih mudah tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

“BPJS Keliling merupakan layanan jemput bola yang cukup efektif dimana petugas kami bertemu langsung dan membantu Peserta JKN dalam pelayanan administrasi. Sederhananya pelayanan yang dihadirkan melalui BPJS Keliling ini sama dengan pelayanan yang diberikan di Kantor Cabang, kali ini kita yang mendatangi peserta, kita yang berusaha mendekatkan jarak dengan mereka yang berada cukup jauh dari lokasi kita. Kali ini Desa Huta Padang yang didatangi BPJS Keliling, semoga bisa membantu warga desa untuk mengurus administrasi JKN di sana,” ujarnya.

Baca Juga:   Kapoldasu dan Pangdam Beri Bantuan Kepada Personil di Mapolsek Medan Timur

BPJS Keliling berkomitmen dengan sungguh membantu tiap-tiap kebutuhan peserta, karena tentu saja akan berbeda pada setiap peserta. Petugas BPJS Keliling juga tetap memberikan edukasi agar masyarakat dapat menggunakan Aplikasi Mobile JKN yang akan memudahkan peserta JKN. Aplikasi ini menyediakan banyak kemudahan di antaranya info Program JKN, pendaftaran peserta baru, pendaftaran pelayanan di FKTP, perubahan data peserta, konsultasi dokter, dan banyak menu lainnya. Serta tidak lupa juga untuk mengakses pelayanan administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) di nomor 08118165165, dan BPJS Kesehatan Care Center 165. (MS10)