Politik

Darma Wijaya Ingin Menata Kembali UMKM dan Kuliner di Sergai

mediasumutku.com| SERGAI-
Selain sektor pariwisata, berbagai macam kuliner di Serdang Bedagai menjadi potensi yang dapat dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakat Sergai kedepannya.

“Sungguh luar biasa, beranekaragam dengan rempah khas Indonesia dan makanan paporit saya ini, lontong pecal dan ikan sombam (bakar). Semua jenis kuliner itu memiliki potensi yang besar kedepannya,” kata Calon Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya saat menyantap sarapan di warung nek Juminah (75), warga Dusun VIII Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Jum’at (16/10/2020)

Menurut Darma Wijaya, kuliner di Serdang Bedagai seperti
ikan sombam bedagai, mie sop, olahan ikan tawar atau ikan sawah, dan masih banyak lagi masakan yang memiliki daya tarik tersendiri untuk memikat para wisatawan berkunjung di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Jangan kita anggap kecil peran serta kuliner dalam mendatangkan wisatawan berkunjung. Bahkan, dapat memikat para Investor datang ke Sergai,”ujarnya.

Berkenaan dengan ekonomi kerakyatan yang saat ini mulai redup, dampak dari hadirnya Jalan Tol Medan-Tebingtinggi, membuat para penggiat UMKM termasuk kuliner mulai merasakan penurunan yang cukup besar dari penghasilan yang didapatkannya.

Sebenarnya, lanjut Darma Wijaya. Pemanfaatan situasi yang tepat sasaran, apalagi dimasa pandemi Covid-19 , merupakan cara untuk dapat mendudukan ekonomi kerakyatan pada posisi kesejahteraan.

Untuk itu, Darma Wijaya menegaskan, dalam kondisi seperti ini, perlu adanya inovasi baru dalam pemanfaatan dari hadirnya Jalan Tol Medan-Tebingtinggi di Kabupaten Serdang Bedagai, agar para penggiat UMKM termasuk kuliner dapat merasakan dampak positif dari hadirnya pembangunan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Kedepannya saya ingin menata kembali UMKM termasuk kiliner yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai, agar masyarakat Serdang Bedagai mendapatkan kesejahteraan secara mandiri. Dengan hadirnya jalan tol Medan-Tebingtinggi, kita harus menempatkan para penggiat UMKM termasuk kuliner pada posisi yang tepat seperti pada rest area dan tempat tempat lain yang cukup strategis,”ungkap Darma Wijaya.

Dalam kesempatan itu, Darma Wijaya juga mengajak, kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam menghidupkan kembali UMKM termasuk kuliner yang terlihat redup di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Ayo kita cintai produk-produk asli daerah Serdang Bedagai, kita harus bangga menggunakan dan menikmati hasil dari putra daerah Serdang Bedagai,” pungkasnya.

Sementara itu, Nek Juminah(75) pemilik warung lontong pecal di jalan Medan Tebing-tebing Dusun VIII Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah mengatakan, kedatangan Darma Wijaya di warungnya membawa harapan baru untuk perubahan di bidang ekomoni kedepannya. (MS6)

Tinggalkan Balasan