Medan

340 Pekerja dan Mitra Kerja Pertamina Patra Niaga Sumbagut Ikuti Vaksin Booster

MEDAN-Sebanyak 340 pekerja dan mitra kerja Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) mengikuti vaksinasi lanjutan atau booster di Gedung Serbaguna Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Sabtu (5/2/2022). Vaksinasi booster ini diharapkan dapat meningkatkan imunitas tubuh dalam melawan Covid-19.

Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman mengatakan, vaksinasi lanjutan atau booster sangat penting untuk keselamatan dan kesehatan pekerja dan mitra kerja terutama di masa pandemi Covid-19.

“Vaksin booster sudah kita laksanakan kepada 340 orang dari Kantor Region Medan, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Kualanamu dan Fuel Terminal Medan Group. Kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” sebut Taufikurachman.

Dia menjelaskan, vaksin booster ini telah dilaksanakan pada Kamis (3/2/2022) lalu dan diberikan oleh petugas vaksinasi dari Puskesmas Sei Agul dan Puskesmas Darussalam. Kegiatan vaksinasi tersebut dimulai pukul 08.30 WIB hingga 15.00 WIB.

Adapun syarat penerima vaksinasi lanjutan (booster) ini antara lain, penerima merupakan pekerja, mitra kerja dan keluarga Pertamina Patra Niaga, penerima berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan NIK dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga, dan sudah mendapatkan vaksin primer minimal enam bulan setelah vaksin kedua.

“Jenis vaksin yang digunakan adalah Moderna. Pemberian vaksin booster ini berperan penting dalam meningkatkan kembali pembentukan antibodi untuk melawan Virus Corona,” sebutnya.

Sementara itu, Area Manager Medical Sumbagut Pertamina Patra Niaga, Hengki Ferdianto menambahkan, pihaknya telah memasang scan digital atau QR code yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi sejak 19 Januari 2022. Pemasangan QR code di

Klinik Pratama Pertamina Medan ini bertujuan untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

“Scan dilakukan melalui fitur scan QR Code yang ada di dalam aplikasi PeduliLindungi. Scan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” kata Hengki.

Selain itu, lanjutnya, para pekerja dan mitra kerja dapat melakukan rapid antigen Covid-19 di Klinik Pratama Pertamina Medan. Hasil rapid antigen tersebut juga dapat dilihat di aplikasi PeduliLindungi.

“Beberapa faktor risiko Covid-19 menginfeksi seseorang secara lebih parah yakni mereka yang berusia di atas 60 tahun atau lebih, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, kanker, belum vaksinasi dan sebagainya. Orang yang terinfeksi Covid-19 harus beristirahat, minum banyak, makan makanan bergizi dan tetap meneruskan pengobatan untuk penyakit kronis,” ucapnya. (MS7)