Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Pendidikan

937 Lulusan Unimed Diwisuda, Rektor : Dunia Kerja Butuh Kemampuan dan Skill Kolaborasi

×

937 Lulusan Unimed Diwisuda, Rektor : Dunia Kerja Butuh Kemampuan dan Skill Kolaborasi

Sebarkan artikel ini

MEDAN-Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed), Prof. Dr Baharuddin mewisuda 937 wisudawan dan wisudawati di Gedung Auditorium Unimed, digelar pada 21 dan 22 Februari 2024.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed, Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd mengucapkan selamat dan terima kasih, kepada seluruh orangtua, wali dan keluarga wisudawan, yang telah mempercayakan pendidikan putra dan putrinya kepada Unimed.

“Semoga apa yang saudara raih, setelah menempuh serangkaian aktivitas akademik dan non akademik, di kampus yang kita banggakan ini. Dapat menghantarkan saudara ke gerbang kesuksesan menyongsong masa depan, yang gemilang dan dapat membahagiakan kedua orang tua dan keluarga,” kata Baharuddin, Rabu (21/2/2024).

Baharuddin mengungkapkan, bahwa di era kemajuan teknologi yang semakin pesat, dimana teknologi informasi dan IT telah menjadi basis dalam kehidupan manusia. Ia mendorong para wisudawan dituntut untuk lebih memiliki rasa empati, kepedulian, sense of belonging, kemahiran atau skill dibidang IT dan kemampuan literasi bahasa, literasi data, literasi Teknologi, dan literasi manusia yang dibutuhkan dunia kerja.

Baca Juga:   Zahir : PAUD Pondasi Masa Depan Bangsa

“Saat ini bukan lagi era kompetisi, melainkan dunia kerja membutuhkan kemampuan dan skill kolaborasi dalam berbagai bidang,” jelas Baharuddin.

Baharuddin mengatakan, dalam melangkah ke jenjang karir, dan dunia kerja, setidaknya dibutuhkan Ilmuwan yang kreatif, Kemampuan menyelesaikan masalah, mampu bekerja sama tim atau kolaborasi, Kemampuan Bernegosiasi, Manajemen waktu, Kemampuan mengambil keputusan, Kemampuan mengendalikan emosi, Berpikir kritis, dan Networking.

“Masyarakat menaruh harapan besar kepada Universitas Negeri Medan untuk mendidik dan menghasilkan guru, konselor, pamong belajar, dan tenaga kerja yang bermutu dan berkarakter mulia yang memiliki kecerdasan intelektual, spiritual, emosional, dan kinestetik yang membentuk sikap dan mentalitas para wisudawan,” kata Baharuddin.

Baharuddin mengungkapkan, Unimed sudah menetapkan berbagai terobosan baru dalam pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas SDM dosen untuk segera meraih Doktor dan Profesor.

Baca Juga:   Syamsul Gultom : Tidak Ada Paham Radikalisme di Unimed

“Prestasi mahasiswa kita diberbagai bidang juga telah berhasil mengukir prestasi baik ditingkat nasional dan internasional, seperti PIMNAS, POMNAS, PON, Sei Games, Asean Games, MTQ, IMT-GT dan kompetisi internasional lainnya,” jelas Baharuddin.

Baharuddin menambahkan, capaian prestasi, yang berhasil diraih dosen dan mahasiswa Unimed ini, menjadi bukti bahwa proses akademik dan non akademik di kampus hijau Unimed berjalan secara efektif.

“Jagalah nama baik almamater Unimed) yang telah membina dan membesarkan S/saudara. Tampilkan diri Saudara sebagai insan lulusan Unimed yang menjadi seorang pembelajar yang tangguh, lincah dan tangkas. Yaitu kemampuan bagi mereka yang selalu mencari pengetahuan baru, terus meningkatkan diri, serta beradaptasi pada perubahan,” harap Baharuddin.

Baca Juga:   Pemuda Turun Ke Desa Peduli Stunting dan Pendidikan di Kepulauan Nias

Selanjutnya Baharuddin berharap tetap jalin komunikasi dan silaturahmi dengan Unimed sebagai almamater Saudara dan sesama alumni dimanapun Saudara berada, melalui Ikatan Alumni Universitas Negeri Medan.

“Berikan kontribusi kepada Unimed berupa masukan, kritik-konstruktif, dan ide kreatif- solutif dalam rangka meningkatkan kualitas almamater yang harus selalu kita banggakan; bukan sebaliknya membangun opini yang dapat merendahkan citra Unimed di masyarakat. Bekerja dengan tulus ikhlas dengan tetap menjaga wibawa dan martabat insan akademis khususnya sebagai keluarga besar Unimed,” pungkasnya. (MS7)