Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Berita SumutHeadlineInfrastruktur & PropertySumut

Akibat Dilintasi Kenderaan Over Tonase, Dinas PUPR Sergai Perbaiki Jalan Rusak

×

Akibat Dilintasi Kenderaan Over Tonase, Dinas PUPR Sergai Perbaiki Jalan Rusak

Sebarkan artikel ini

SERGAI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Serdang Bedagai sedang memperbaiki jalan rusak yang berlokasi Desa Sei Parit, Kecamatan Sei Rampah, Sergai.

” Rusaknya Jalan tersebut akibat sering dilintasi truk yang melebihi over tonase kurang lebih 30 ton, sehingga Dinas PUPR Serdang Bedagai langsung turun dilokasi “Kata Kepala Dinas PUPR Sergai, Johan Sinaga kepada wartawan, Senin (31/10/2022).

Ia mengatakan dalam perbaikan jalan tersebut, yang diakibatkan banyak kenderaan yang melintas melebihi tonase (over kapasitas) kita punya dokumentasi.

Perbaikan jalan sedang berjalan dan pekerjaan tersebut tidak langsung siap, karna butuh proses agar jalan yang diperbaiki mendapat kepadatan yang cukup dan matang, kemudian baru dihampar dengan material base klas A dan di hotmix kembali.

Baca Juga:   KPU Sergai Gelar Launching Pilkada 2020

“Kurang lebih 5 Kilometer yang dibangun pada ruas jalan tersebut dan hanya ada beberapa titik yang mengalami rusak akibat sering dilintasi truk yang melebihi tonase, namun jalan yang rusak saat ini sedang diperbaiki.” Papar Johan Sinaga

Sementara itu, Pejabat Pembuat komitmen, Erwinsyah Deny, ST menambahkan pekerjaan tersebut sedang diperbaiki. Bahkan Jalan yang rusak langsung kita bongkar sampai lapisan paling bawah.

” Saat ni sudah dilaksanakan pekerjaan sirtu dan dilakukan pemadatan dengan alat dan di lakukan pemadatan melalui open trafic beberapa hari. Setelah itu akan dilaksanakan pekerjaan lapisan agregat kelas A dan dilanjutkan dengan pekerjaan hotmix,” papar Erwinsyah

Lanjut Erwinsyah, perlu kita ketahui sama-sama bahwa kerusakan jalan tersebut dikarenakan kendaraan yang lewat melampaui beban maksimum kelas jalan kita yaitu kelas III dengan kapasitas maksimal 8 ton. Sementara yang lewati sampai 30 ton.

Baca Juga:   Bupati Asahan Tunaikan Janji Bantuan Pembangunan Musholla di Kelurahan Tebing Kisaran

” Kita lihatlah truk yang melintasi jalan ini, banyak truk yang melintasi yang melebihi tonase hampir 30 ton. Ia juga menegaskan bahwa perbaikan jalan tersebut pekerjaan sirtu dan bukan dihampar tanah yang seperti diberitakan sebelumnya.” Sebut Erwinsyah saat dilokasi pekerjaaan kepada wartawan.

Menurutnya, Saat ini Dinas PUPR Serdang Bedagai sebelumnya sudah melakukan sosialisasi kepada pihak Perkebunan maupun pihak perusahaan, agar untuk mengurangi muatanya sesuai
jalan Kabupaten yaitu kelas III dengan maksimum kapasitas 8 ton. Jika tidak maka jalan tersebut akan kita portal,” tegasnya. (MS8)