Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru Muda
previous arrow
next arrow
Berita SumutSumut

Aktivitas Truk Galian C di Desa Lubuk Bayas Semakin Meresahkan

×

Aktivitas Truk Galian C di Desa Lubuk Bayas Semakin Meresahkan

Sebarkan artikel ini

SERGAI– Aktivitas truk galian C yang melintasi di Dusun I Kampung tengah Desa Lubuk Bayas, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, meresahkan warga.

Pasalnya truk pengangkut tanah uruq tanpa penutup bagian atas (tenda-red) menggangu aktipitas warga yang melintasi dilokasi tersebut, selain jalan kabupaten kotor dan debu beterbangan hingga mengangu polusi udara.

Pantuan wartawan dilokasi, terlihat truk galian C bermuatan tanah uruq tidak mengunakan penutup (tenda-red) sehingga tanah diatas truk langsung berserahkan di badan jalan milik Kabupaten hingga mengalami kotor dan menjadi debu.

“Lihatlah bang, tanah uruq galian C berserakan di jalan umum. Akibatnya setiap hari makan abu saat melintas disini dan menghirup udara kotor,” ucap Andi warga Desa Sei Buluh kepada wartawan di lokasi, Kamis(16/2/2023).

Baca Juga:   Bupati Sergai Hadiri Pelantikan DPC ABPEDNAS Kabupaten Sergai Periode 2022-2026

Menurutnya, aktipitas galian C tersebut kurang lebih satu Minggu, Miskipun dilakukan penyiraman tapi tidak membuat debu tersebut menjadi hilang. Karna hampir merata truk galian C yang melintas tidak ditutup terpal dibagian atasnya.

” Intinya kami sebagai warga yang sering melintas disini cukup resah, seharusnya jalan yang sudah bagus jangan dikotori, pastinya setiap pergi bekerja pasti selalu makan debu,” sebutnya.

Sementara itu, warga sekitar yang enggan disebut namanya dilokasi mengatakan sebenarnya kami juga mengalami yang sama, bukan warga luar aja yang resah kami juga resah akibat banyak debu beterbangan.

“Seharusnya pihak kontraktor jangan memikirkan keuntungan besar, tapi juga pikirkan warga yang melintas. Setiap hari kami selalu makan debu saat truk galian C beraktivitas disini,” tandasnya.

Baca Juga:   Sambut HUT PPNI ke 49, DPD PPNI Sergai Gelar Bakti Sosial di Yayasan Zahkiyun Najah Sei Rampah

Sementara itu, Kepala Desa Lubuk Bayas Rusrizal saat dikonfirmasi via seluler kepada wartawan mengatakan bahwa pihak pemerintah desa sudah menyarankan dan sudah disiram itu. Tapi kita lihat tadi tidak ada.”ucap Kades

Namun saat disinggung awak media berada dilokasi, dan truk juga melebihi kapasitas, Kades lubuk Bayas langsung menjawab “ada truk besar, dan kita tidak membenarkan truk yang tonasi yang besar dan melainkan truk kecil.

“Udah ya saya lagi Musrenbang,” tutup Rusrizal

Terpisah, Kasat Pol PP Sergai, M. Wahyudi saat dikonfirmasi wartawan mengatakan “saat ini Personil dan dinas OPD lain sudah turun kelokasi di wilayah Kecamatan Perbaungan terkait laporan aktipitas galian C.” tandasnya. (MS8)

Baca Juga:   Wabup Samosir Pimpin Rapat Persiapan Rakerda UPP Saber Pungli di Samosir