Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
BisnisEkonomiHeadlineNasional

AM Best Kembali Tetapkan Asuransi Astra Peringkat Asuransi Skala Internasional dan Nasional

×

AM Best Kembali Tetapkan Asuransi Astra Peringkat Asuransi Skala Internasional dan Nasional

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | JAKARTA-Kondisi ekonomi global saat ini sedang dilanda berbagai ketidakpastian yang tentunya berpengaruh pada perusahaan dari berbagai industri termasuk asuransi. Namun di tengah kondisi tersebut, PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra) secara konsisten dapat meningkatkan kinerja dan mewujudkan goal perusahaan untuk menjadi the most sustainable general insurance company.

Berkat upaya ini, Asuransi Astra berhasil mempertahankan Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating “a-” (Excellent) dari AM Best dengan outlook stable untuk kedua peringkat skala internasional ini. Tidak hanya itu, pada tahun ini, AM Best juga menetapkan peringkat Indonesian National Scale Rating aaa.ID (Exceptional) kepada Asuransi Astra dengan outlook stable. AM Best adalah lembaga pemeringkat kredit global dengan spesialisasi pada industri asuransi yang berkantor pusat di Amerika Serikat. Sejak 1899, AM Best melakukan bisnis di lebih dari 100 negara. Hingga saat ini, peringkat A- (Excellent) merupakan peringkat skala internasional yang tertinggi bagi Asuransi Umum di Indonesia.

Peringkat tersebut mencerminkan Balance Sheet Strength Asuransi Astra yang dinilai very strong oleh AM Best, Operational Performance yang strong, Business profile yang neutral, dan Enterprise Risk Management yang appropriate. Pemeringkatan tersebut juga mempertimbangkan pengaruh neutral dari Jardine Matheson Holdings Limited (Bermuda) sebagai ultimate parent Asuransi Astra.

Baca Juga:   Wujud Penerapan Restorative Justice di Karo, Kajati Sumut Idianto Resmikan 'Rumah RJ Pur Pur Sage'

Balance Sheet Strength Asuransi Astra didukung oleh risk-adjusted capitalization yang berada pada strongest level pada 31 Desember 2022, dan diperkirakan akan tetap pada strongest level berdasarkan ukuran Best’s Capital Adequacy Ratio (BCAR). Kecukupan modal Asuransi Astra didukung oleh perolehan modal secara internal dan net underwriting leverage yang rendah.

Terkait portofolio investasi, AM Best menilai bahwa portofolio investasi Asuransi Astra memiliki risiko moderate, utamanya terdiri dari obligasi yang dimiliki secara langsung dan melalui reksa dana di mana lebih dari separuh merupakan obligasi dengan peringkat domestik. Peningkatan counterparty credit risk disebabkan oleh eksposur Asuransi Astra terhadap perusahaan reasuransi domestik yang belum memiliki peringkat pada skala internasional.

AM Best juga menilai Operational Performance Asuransi Astra strong, dilihat dari combined ratio rata-rata lima tahun sebesar 88,1% dan return on equity (ROE) sebesar 17,6% (2019-2023). Bisnis yang menguntungkan dari grup induk, PT Astra International Tbk (grup Astra), menjadi salah satu kontributor utama terhadap kinerja operasional Asuransi Astra tersebut.

Baca Juga:   Enaknya Mau, Giliran Diminta Tanggungjawab, Malah Berurusan Dengan Polisi

Adapun laba bersih Asuransi Astra pada tahun 2023 mencapai Rp 1,4 triliun, lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar Rp 1,2 triliun. Kinerja underwriting Asuransi Astra tetap kuat pada tahun 2022 dan 2023, sebab dampak negatif peningkatan loss ratio Asuransi Astra dapat diimbangi dengan penurunan pada expense ratio. Hasil investasi bertumbuh stabil dan tetap menjadi salah satu kontributor utama terhadap pendapatan Asuransi Astra secara keseluruhan.

Business Profile Asuransi Astra dinilai neutral oleh AM Best. Asuransi Astra berada pada peringkat ketiga terbesar berdasarkan pangsa pasar asuransi umum Indonesia hingga tahun 2023 kemarin. Portofolio Asuransi Astra terdiversifikasi dalam beberapa lini usaha dengan lini usaha utama adalah asuransi kendaraan bermotor, asuransi kesehatan & kecelakaan diri, serta asuransi kebakaran meskipun terdapat konsentrasi geografis di Indonesia. Asuransi Astra memiliki konsentrasi saluran distribusi yang moderate ke perusahaan leasing, terutama di asuransi kendaraan bermotor.

Baca Juga:   Sambut May Day, Ribuan Buruh di Sumut Terima Sembako

Selain itu, AM Best menilai bahwa kerangka Enterprise Risk Management (ERM) Asuransi Astra sebagai appropriate dengan ukuran dan kompleksitas operasional Asuransi Astra pada saat ini.

“Kami ingin berterima kasih kepada seluruh stakeholders khususnya pelanggan kami, karena atas kepercayaan dan kerjasama selama ini, Asuransi Astra dapat memperoleh kembali peringkat skala internasional dari AM Best, yaitu Financial Strength Rating A- (Excellent) dan Long-Term Issuer Credit Rating “a-” (Excellent), serta menerima peringkat skala nasional yaitu Indonesian National Scale Rating aaa.ID (Exceptional), dengan stable outlook untuk seluruh peringkat ini. Kami harap peringkat ini dapat menjadi salah satu wujud pengakuan atas konsistensi Asuransi Astra dalam memenuhi segala kebutuhan pelanggan serta kewajiban kepada seluruh pemangku kepentingan sesuai, bahkan melebihi ekspektasi, sehingga ke depannya kepercayaan terhadap komitmen Perusahaan dalam memberikan peace of mind kepada seluruh pemangku kepentingan dapat terus meningkat,” kata President Director Asuransi Astra, Christopher Pangestu.