Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
HeadlineNasionalSumut

BMKG : Waspadai Cuaca Ekstrem Saat Beraktivitas di Luar Rumah

×

BMKG : Waspadai Cuaca Ekstrem Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com | Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi beberapa wilayah di Indonesia diguyur hujan lebat disertaie angin kencang hingga kilat atau petir. Hujan lebat disertai angin kencang dan petir ini diprediksi akan terjadi hingga 3 hari kedepan.

“Intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik dan daerah Utara Papua,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat atau Kabag Humas BMKG, Taufan Maulana, dalam keterangannya, Kamis (4/6/2020).

Menurut Taufan, bahwa adanya fenomena massa udara basah bergerak ke lapisan rendah sehingga berpotensi menyebabkan terjadinya hujan lebat. Fenomena ini, sebutnya, diprediksi terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Akibatnya, diprediksi bisa memicu terjadinya kondisi hujan lebat hari ini, Kamis 4 Juni 2020 di sejumlah wilayah yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Papua Barat.

Baca Juga:   Pemkab Asahan Harapkan IDI Bisa Bantu Kawal Asahan Sehat

Besok, 5 Juni 2020 wilayah Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat masih berpotensi dilanda hujan lebat,” imbuhnya.

Lanjut BMKG, juga memprediksi hujan lebat disertai angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, dan Papua hingga Kamis 4 Juni 2020.

“Untuk wilayah Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tengah diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada 5 Juni 2020,” terangnya.

Baca Juga:   Stop Press! Puluhan Pelajar Saling Lempar Batu dengan Polisi

BMKG pun mengimbau agar masyarakat yang beraktifitas di luar rumah untuk selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan dengan cuaca ekstrim ini.

“Masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang,” pungkas Taufan.