Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
HankamHeadlineKesehatanNasional

BNPB : Waspadai OTG, Jumlah Terpapar Corona Jadi 17.514 Orang

×

BNPB : Waspadai OTG, Jumlah Terpapar Corona Jadi 17.514 Orang

Sebarkan artikel ini

Mediasumutku.com | Jakarta –  Kasus orang terpapar virus Corona atau Covid-19 makin hari makin meningkat, untuk itu waspadailah orang tanpa gejala atau OTG. Sampai saat ini, jumlah orang terinfeksi Covid-19 telah mencapai 17.514 orang.Hal ini membuktikan bahwa masih terjadi penularan virus di tengah-tengah masyarakat.

Demikian yang dikatakan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat memberikan keterangan di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Jakarta, Minggu (17/5/2020).

Jumlah orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP) terkait Covid-19 masih terus bertambah.
Hingga Minggu pukul 12.00 WIB, jumlah ODP mencapai 270.876 jiwa. Dibandingkan data Sabtu kemaren, jumlah ODP bertambah sebanyak 1.427 orang.

Tidak hanya itu, jumlah PDP juga mengalami peningkatan sebanyak 731 orang. Sehingga total ada 35.800 PDP sampai saat ini.
“Sementara pasien dalam pengawasan adalah 35.800 orang,” ujar Yuri.

Baca Juga:   Usai Tembak Istrinya, Oknum Polisi di Sergai Kemudian Bunuh Diri

Penambahan juga terjadi pada kasus positif Covid-19, yaitu sebanyak 489 orang. Dengan demikian, jumlah pasien terinfeksi Covid-19 menjadi 17.514 orang.

Untuk itu, Yuri mengimbau seluruh pihak untuk meningkatkan kewaspadaan, karena ada individu yang tak menunjukkan gejala Covid-19 tapi sebenarnya membawa virus.
Individu tersebut masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

” Orang yang jadi pembawa virus ini masih berada di tengah-tengah kita. Inilah yang berkali-kali kami sebutkan sebagai OTG, tanpa gejala. Sedangkan di dalam tubuhnya membawa virus,” kata Yuri.

Yuri, menyebutkan penambahan juga terjadi pada jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, yaitu sebanyak 59 orang. Sehingga, total kasus pasien meninggal berjumlah 1.148 orang.

Baca Juga:   Pangdam I/BB Hadiri Rapat Terbatas Dengan Gubsu Tentang Antisipasi Infeksi Covid-19

Sementara itu, pasien sembuh meningkat sebanyak 218 orang, sehingga total pasien sembuh menjadi 4.129 orang.