Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Merah
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Sumut

Bupati Sergai: Kembangkan BUMDes dengan Ide dan Inisiatif

×

Bupati Sergai: Kembangkan BUMDes dengan Ide dan Inisiatif

Sebarkan artikel ini

mediasumutku.com | SERGAI – Untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) agar lebih berdaya guna bagi masyarakat, tentunya diperlukan dua hal, yaitu ide dan inisiatif.

“Hal ini untuk menentukan rencana bagaimana bisa mengembangkan BUMDesa agar bisa menjadi lebih maju lagi,” ujar Bupati Sergai, Soekirman saat menjadi narasumber dalma Fokus Group Discussion For Trainer (FGD FT) Asosiasi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Sergai, Jumat (8/11/2019) malam di Prime Plaza Hotel, Kabupaten Deli Serdang.

BACA : Darma Wijaya: Pejabat Baru Dilantik Harus Total Melayani Masyarakat

Soekirman mengatakan, untuk melaksanakan ide dan inisiatif tersebut, perlu belajar menjadi leadership yang mempunyai ciri, pertama, tanamkan rasa bangga dengan kehadiran BUMDesa yang dimiliki, kemudian selalu menjaga stabilitas dengan menangkal berita hoax.

Baca Juga:   Walikota Tebingtinggi Jemput 3.000 Vial Vaksin Covid

“Ketiga bertanggung jawab dalam menghadapi berbagai permasalahan, dan yang terakhir memiliki visi dengan mengembangkan ekonomi kerakyatan serta harus mempunyai semangat menjadikan BUMDesa itu berguna bagi masyarakat luas,” kata Bupati Soekirman.

“Terkait tentang perubahan dunia yang sangat cepat dengan era digitalisasi maka kita harus menangkal berita hoax yang sangat merugikan kita. Jika tidak kita lakukan, maka apa yang telah kita lakukan untuk kemajuan BUMDesa dapat terhambat,” terangnya.

Menurut dia, teknologi sangat diperlukan untuk melakukan perubahan yang cukup besar. Selain itu juga diperlukan upaya dalam mengembangkan BUMDesa, salah satunya dengan mrngembangkan potensi wisata yang ada di desa.

BACA: Darma Wijaya: Pesantren Tempat Menyemai Ajaran Islam yang Rahmatan Lil Alamin

Baca Juga:   Ditemukan Ekstasi Saat Penangkapan 5 Anggota DPRD Labura yang Dirazia di Karaoke

“Perkuat desa dengan teknologi, kebudayaan dan inovasi dengan mengembangkan wisata khususnya wisata tani disetiap desa dengan syarat adanya transportasi kemudian akomodasi, penginapan, konsumsi serta menyiapkan lokasi yang akan dijadikan objek wisata,” tandas Bupati Soekirman.

Ketua Panitia Kegiatan FGD Lukman Nur Hakim, melaporkan kegiatan ini berlangsung mulai 8-10 November 2019, dengan peserta dari anggota BKAD dan Unit Pengelola Kegiatan (UPK), pengelola BUMDesa se-Kabupaten Sergai.

Adapun jumlah peserta sebanyak 91 orang di antaranya 44 laki laki dan 47 perempuan.

“Hal ini bertujuan untuk menambah pemahaman kepada seluruh anggota BKAD agar dapat menjalankan tugas dengan baik guna mendukung program Pemkab Sergai,” tutupnya.

Kegiatan ini turut hadir, Kadis Kominfo Drs H Akmal, AP, M.Si, 2. Kadis PMD H. Ikhsan, AP, M.Si, Ketua Asosiasi BKAD Lukman Nur Hakim, Narasumber Dr. Agus Suryadi Dosen Fisip USU serta para peserta FGD FT.[ms5]

Baca Juga:   Menanti Selama 15 Tahun Warga Desa Pematang Sijonam Akhirnya Dapat Akses Jalan Mulus