Berita Sumut Religi Sumut

Guru Sekolah Minggu Di Sergai Akhirnya Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

SEI RAMPAH – Pengurus Gerakan Aksi Kasih (GAK) secara massal menyerahkan 1.131 guru sekolah minggu se-Kabupatem Serdang Bedagai menjadi anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK).

Hal ini terungkap dalam kegiatan Silaturahmi dan Temu Ramah dengan guru Sekolah Minggu di pelataran parkir Kantor Bupati Serdang Bedagai, Sabtu (15/10/2022).

Secara simbolis, penyerahan kartu BPJSTK diserahkan oleh Bupati Darma Wijaya beserta Ibu Ketua TP PKK, Ketua GAK Fajar Simbolon, serta perwakilan BPJSTK. Turut hadir juga Ketua DPD PDI-Perjuangan Rapidin Simbolon, anggota DPRD Provinsi Sumut Delphin Barus.

Dalam arahannya, Darma mengucapkan terimakasih kepada pengurus GAK yang telah mengakomodir 2,5 persen TPP para ASN non muslim sebagai sumber pendanaan.

“Ini semua berkat para ASN non muslim yang ikhlas menyisihkan TPP-nya untuk para guru sekolah minggu sekalian. Luar biasa, selain insentif, guru sekolah minggu juga bisa merasakan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Berterima kasihlah kepada mereka,” ucap Darma.

Darma mengungkapkan, kebijakan ini menjadi salah satu yang diandalkannya sebagai jawaban atas keluhan guru sekolah minggu yang selama ini belum pernah mendapatkan insentif.

“Kalau dari pribadi saya, tidak mungkin. Jadi kebijakan ini saya buat bersama Pak Wakil Bupati dikerahui Pak Sekda juga sebagai solusi. Dana yang dikeluarkan para ASN pun sepenuhnya diurus oleh pengurus GAK,” ucapnya.

Rasa haru dan gembira pun disampaikan guru sekolah minggu atas kebijakan tersebut. Mewakili guru sekolah minggu, boru Saragih menyampaikan selama 15 tahun mengabdi belum pernah ada insentif dari pemerintah daerah.

“Kami rasa, baru di pemerintahan ini kami dipedulikan. Walau kecil tapi kami sangat gembira sekali menerimanya. Sampaikan salam kami kepada seluruh ASN yang sudah ikut dalam kebijakan Pak Bupati. Semoga sehat dan panjang umur lah mereka agar selali bisa merasakan nikmat Tuhan karena telah berbagi kepada kami,” ucapnya, seraya mengalungkan ulos kepada Bupati Darma Wijaya beserta istri sebagai tanda terimakasih atas insentif dan Kepeaertaan BPJSTK yang telah diterima guru sekolah minggu.

Sebelumnya Ketua GAK Fajar Simbolon mengungkapkan bahwa ada 571 guru minggu yang didaftarkan secara massal dalam kegiatan silaturahmi hari ini. Selebihnya sudah didaftarkan dan beberapa masih menunggu antrian.

“Kami upayakan semua guru sekolah minggu terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Iurannya ditanggung dari dana GAK sehingga insentif yang diterima tidak dipotong sama sekali,” ungkapnya. (MS8)