Scroll untuk baca artikel
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
Media Sumutku Biru
previous arrow
next arrow
Ekonomi

Dukung Pelaku UKM Masuk Pasar Digital, Ninja Xpress Hadirkan Creative Business Solutions di Sumut

×

Dukung Pelaku UKM Masuk Pasar Digital, Ninja Xpress Hadirkan Creative Business Solutions di Sumut

Sebarkan artikel ini

MEDAN Sebagai upaya memperkuat komitmen dalam membantu Usaha Kecil Menengah (UKM), Ninja Xpress, sebuah perusahaan jasa pengiriman last-mile di Indonesia yang hadir sejak tahun 2015, menghadirkan Program Creative Business Solutions. Program Creative Business Solution ini diresmikan di Cradle Coworking & Event Space, Medan, Kamis (17/3/2022).

Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress menjelaskan, program ini mendukung UKM untuk terhubung dengan ekosistem berbasis teknologi dan digital dalam melakukan pengembangan ataupun pemasaran produk. Salah satunya dilakukan melalui peluncuran Creative Business Solutions bulan lalu yang terdiri dari Creative Hub, Online support, dan Offline support di Sumatera Utara.

“Dalam membantu UKM tetap produktif di era digital, secara resmi, kami membuka fasilitas dari Creative Business Solutions yang diberikan secara gratis kepada UKM di Sumatera Utara. Dukungan ini sejalan dengan semangat baru kami dalam mewujudkan ‘Siap Bantu Sampai Tujuan’ bagi pelaku UKM,” jelasnya.

Baca Juga:   Tahun 2024, Pembangunan Infrastruktur dan Pangan Jadi Fokus Edy Rahmayadi di Kepulauan Nias

Dimana kata Andi, UKM telah menjadi salah satu kekuatan yang mendorong pertumbuhan perekonomian Provinsi Sumatera Utara.

“Berdasarkan data Ketua Asosiasi UMKM Sumatera Utara pada 2021, terdapat sekitar 2,2 juta pelaku UKM di provinsi ini. Sedangkan di Kota Medan khususnya, ada 1.603 UKM yang tercatat menjadi binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan,” sebutnya.

Kemudian lanjutnya, berdasarkan catatan Ninja Xpress, Kabupaten Deli Serdang menjadi daerah dengan jumlah pengiriman tertinggi di wilayah Sumatera Utara, yaitu lebih dari 2 juta paket sepanjang tahun 2021, diikuti Kabupaten Asahan dan Kota Tebing Tinggi.

“Dari paket tersebut, sebanyak lebih dari 90 persen paket yang dikirim didominasi kategori paket berukuran kecil yang umumnya berisi pakaian, aksesoris, kosmetik, serta produk perawatan diri,” terangnya.

Baca Juga:   PT Pelindo 1 Gelontorkan Rp.17,1 Miliar Untuk Para Mitra Binaan

Oleh karena itu, sejalan dengan semangat dalam membantu UKM bersaing di dunia digital, lanjut Andi, pihaknya optimis peluncuran program Creative Business Solutions ini dapat mendorong produktivitas pelaku UKM di Sumatara Utara dengan berbasis teknologi dan digital.

“Kami melihat potensi yang luar biasa dari UKM khususnya di Kota Medan, oleh karena itu kami hadir di Medan. Tidak menutup kemungkinan adanya peluncuran program lain atau perluasan Creative hub di wilayah lain di sumatera utara,” pungkas Andi.

Sementara itu, Chairul Saleh, seorang pelaku UMKM di Medan, owner dari Toko Sancu, yang telah bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress, mengatakan, bahwa ia sudah mendapat banyak manfaat setelah bergabung dengan Creative Hub di Medan.

“Untuk membuat promosi produk, saya sebelumnya mengambil konten dari berbagai sumber yang terkadang tidak sesuai. Kini penjualan saya meningkat dengan adanya konten promosi yang jauh lebih baik dan sesuai dengan citra produk karena diproduksi dengan profesional melalui bantuan Creative Business Solutions dari Ninja Xpress,” ujarnya.

Baca Juga:   Telkomsel-Kadin Siap Akselerasikan Industri Ekonomi Kreatif

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Benny Iskandar Nasution yang hadir meresmikan Creative Hub menyambut baik dengan diresmikannya Program Creative Business Solutions. Program Creative Business Solution tersebut.

“Kami bangga dan menyambut baik kehadiran Creative Hub Ninja Xpress di Medan untuk mempercepat digitalisasi UMKM. Kedepannya kami berharap dapat berkolaborasi lebih luas dengan Ninja Xpress demi kemajuan UMKM Medan,” ucapnya.

Faktor ini tambahnya, menjadi salah satu semangat Ninja Xpress menghadirkan Creative Business Solutions di Medan untuk membantu pelaku UKM naik kelas dan lebih siap untuk menghadapi tantangan bisnis di era digital. (MS7)