Berita Sumut Headline Sumut

Edy Rahmayadi Bantu Korban Banjir Tebingtinggi

TEBINGTINGGI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyerahkan berbagai bantuan untuk warga terdampak banjir di Kota Tebingtinggi. Bantuan yang diserahkan antara lain 750 Kg beras, 600 kotak makanan siap saji, 250 Kg gula, 30 kotak mie Instan, telur, 10 kotak ikan kemasan, kain sarung, sabun perlengkapan mandi, masker dan hand sanitizer.

Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban warga Tebingtinggi yang terdampak banjir. “Sesuai arahan Bapak Gubernur Edy Rahmayadi, kita terus melakukan gerak cepat dalam hal penanganan bencana serta membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir dengan memenuhi kebutuhan mendasar masyarakat, ” kata Kepala Bidang Penanganan Darurat Peralatan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Zulham Efendi Siregar usai menyerahkan bantuan kepada Sekretaris Daerah Kota Tebingtinggi Bambang Sudaryono di Kantor BPBD Kota Tebingtinggi, Rabu (21/12).

Banjir di Kota Tebingtinggi disebabkan curah hujan yang tinggi dengan durasi yang lama di hulu Sungai Padang, Sungai Pispis, dan Sungai Bahbolon. Sehingga air Sungai Padang meluap dan menggenangi pemukiman warga mulai 19 Desember hingga saat ini.

Adapun jumlah total wilayah terdampak 5 kecamatan, 11 kelurahan, 21 lingkungan dengan 1.790 rumah, 2.161 kepala keluarga dan 7.278 jiwa. Untuk mempercepat penanggulangan bencana, Pemprov Sumut juga menurunkan personel BPBD Sumut. Langkah tersebut bertujuan untuk mempercepat proses penanggulangan bencana banjir. “Semoga air cepat surut sehingga beban masyarakat tidak terlalu besar, ” kata Zulham.

Zulham menyebut kolaborasi merupakan hal yang wajib dilakukan saat terjadi bencana. “Dengan sinergitas atau kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, persoalan seperti penanganan banjir bisa kita lakukan bersama,” katanya.

Sekdako Tebingtinggi Bambang Sudaryono mengucapkan terima kasih yang setingginya kepada Gubernur Sumut atas kepeduliannya untuk korban banjir di Tebingtinggi. “Terima kasih kepada Gubernur atas respons cepatnya dalam penanganan banjir di Tebingtinggi,” katanya.

Disampaikan juga, saat ini Pemerintah Kota Tebingtinggi sudah mendirikan posko banjir dan dapur umum di lokasi banjir. Selanjutnya, logistik akan dibagikan kepada korban terdampak banjir.